News

24 tiang listrik di Sabang rusak akibat longsor

24 tiang listrik di Sabang rusak akibat longsor
Wisatawan melihat badan jalan yang terputus akibat longsor di jalan kilometer nol, Iboih, Sabang, Aceh, Senin (30/1/2023). Cuaca ekstrem hujan deras yang disertai angin kencang pada 29 Januari 2023 sore, mengakibatkan belasan titik longsor yang memutus akses jalan menuju lokasi wisata Iboih dan puluhan rumah penduduk rusak akibat tertimbun material. ANTARA FOTO/Irwansyah Putra/nym.

POPULARITAS.COM – Sebanyak 24 tiang listrik yang terletak di wilayah Cot Meurong, Kecamatan Sukamakmue, Kota Sabang, Aceh rusak akibat terdampak longsor dan pohon tumbang, sehingga tidak bisa beroperasi.

Manager PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Sabang, Rachmat Ade Brata mengatakan, pihaknya terus mengupayakan untuk segera melakukan perbaikan, guna mengatasi pemadaman listrik di tengah masyarakat.

“Sebanyak 24 tiang listrik itu dalam kondisi tidak bisa dioperasikan karena ada yang tumbang, miring, dan konstruksinya rusak tergerus longsor. Kami sudah turun ke lapangan dari dua hari yang lalu, dan Alhamdulillah kami selesai recovery lima tiang beserta dengan kontruksinya,” kata Rachmat, dikutip dari laman Antara, Selasa (31/1/2023).

Untuk diketahui sejumlah wilayah Sabang terjadi longsor, pohon tumbang dan banjir yang dipicu curah hujan dengan intensitas tinggi. Akibatnya, saat ini wilayah yang terdampak tiang listrik tumbang terjadi pemadaman listrik.

Ade menyebut, setidaknya 19 travo masih padam, lebih kurang sekitar 250 pelanggan PLN di daerah Gapang, Iboih, Teupin Layeu, Kilometer Nol dan sekitarnya, belum bisa menikmati pelayanan listrik sejak Minggu (29/1) malam.

Rachmat menjelaskan pihaknya juga dibantu PLN UP3 Banda Aceh yang mendatangkan dua unit mobil crane beserta petugas sebagai respon cepat tanggap bencana untuk membantu petugas PLN ULP Sabang di lapangan.

“Tapi kendala saat ini masih ada beberapa titik lokasi yang belum bisa diakses alat berat PLN (mobil crane). Jadi 19 sisanya belum bisa dikerjakan karena sampai dengan kemarin sore akses belum bisa dilalui,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada tim BPBD Sabang bersama berbagai pihak terkait yang telah membersihkan material longsor dan pohon tumbang, agar bisa dilalui oleh kendaraan alat berat, sehingga tim PLN bisa mengerjakan kondisi-kondisi tiang dan jaringan listrik yang rusak.

“Semoga longsor bisa segera bisa cepat selesai ditangani, agar teman-teman PLN bisa masuk ke lokasi-lokasi yang terdampak. Jadi kita bisa bekerja maksimal, melihat kondisinya seperti apa dan apa yang kita butuhkan untuk recovery jaringan listrik,” harapnya.

Ade juga meminta masyarakat agar tetap bersabar sampai kondisi listrik di daerah Iboih dan sekitarnya bisa normal kembali.

Shares: