News

26 Insinyur Profesional Perdana USK Diambil Sumpah

26 Insinyur Profesional Perdana USK Diambil Sumpah

POPULARITAS.COM – Sebanyak 26 orang Insinyur profesional yang merupakan lulusan perdana dari Program Studi Program Profesi Insinyur (PS-PPI) Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala diambil sumpahnya.

Pengambilan sumpah ini dipimpin oleh Ketua Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Pusat Dr. Ir. Heru Dewanto, M.Sc.Eng, IPM., ASEAN.Eng di Gedung AAC Dayan Dawood, Jumat 22 Januari 2021).

Heru Dewanto mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi atas keberhasilan USK dalam menjalankan program PS-PPI. Setelah pengambilan sumpah ini, ucap Heru, maka 26 Insinyur ini sudah dapat menempatkan gelar insinyur profesionalnya secara legal dan sah di depan namanya.

“Selain itu, secara legal dan sah pula mereka sudah bisa melakukan praktik keinsinyuran yang sesuai dengan amanat udang-undang,” ujarnya.

Heru menjelaskan, sejarah telah mencatat bahwa peran insinyur sangat menentukan arah peradaban. Maka dengan logika yang sama pula Insinyur harus mampu memecahkan berbagai persoalan di dunia.

Untuk itulah, menurutnya ada tanggung jawab moral bagi setiap insinyur untuk mengabdi bagi bangsa dan berupaya menciptakan kesejahteraan masyarakat.

“Jadi dua tugas mulia kita adalah ,menjawab panggilan Ibu Pertiwi untuk mensejahterakan masyarakat, dan kedua menjadi agen kemajuan peradaban manusia,” ucapnya.

Sementara itu Rektor USK Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng IPU dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada para Insinyur ini. Rektor menilai, keberhasilan PS-PPI dalam meluluskan 26 Insinyur ini merupakan sebuah kebanggaan bagi USK. Oleh karena itu, Rektor berharap mereka dapat memegang teguh sumpahnya dan bekerja sesuai dengan kompetensi keahlian.

Rektor mengungkapkan, tantangan USK ke depan adalah mengimplementasikan UU No. 11 tahun 2014 dan PP No. 25 tahun 2019 tentang keinsinyuran dengan baik.

FT USK saat ini telah meluluskan lebih dari 9.766 sarjana teknik dari berbagai bidang. Dari jumlah tersebut sebanyak 28% alumni FT USK telah bekerja sesuai dengan bidang ilmu keteknikan. Artinya sekitar 2.700 sarjana teknik telah bekerja pada lingkup keinsinyuran.

“Oleh karena itu, kehadiran PS-PPI di FT USK merupakan jawaban ilmpelementasi dari UUK dan PP tersebut di Provinisi Aceh, untuk dapat melahirkan Insinyur yang berkontribusi pada pembangunan Nasional dan Provinsi Aceh Khususnya,” ucap Rektor.

Dekan Fakultas Teknik USK Dr. Ir. Taufiq S., M.Eng., IPU dalam laporannya menjelaskan, 26 orang Insinyur ini merupakan lulusan perdana PS-PPI USK dengan program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).

“Semua lulusan merupakan dosen Fakultas Teknik USK yang berlatar belakang sarjana (S1) bidang teknik. Termasuk di antaranya Rektor, Wakil Rektor, Dekan, Wakil Dekan dan dosen,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Taufiq juga mengungkapkan, sampai saat ini PS-PPI USK masih membuka pendaftaran calon mahasiswa baru untuk angkatan kedua. Di mana sebanyak 43 orang sudah mendaftar untuk program RPL.

“Insya Allah dengan terus mempersiapkan diri, di tahun ajaran baru ini PS-PPI USK akan membuka dua program, yaitu program reguler dan RPL,” jelasnya.[ril]

Shares: