News

3.576 peserta SNBT lulus di USK

USK ingatkan siswa jangan asal pilih prodi
Sosialisasi SNPMB 2023 di Gedung AAC Dayan Dawood, Banda Aceh, Kamis (2/2/2023). Foto: Humas USK

POPULARITAS.COM – Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BPPP) telah mengumumkan hasil seleksi salah satu jalur masuk perguruan tinggi negeri yaitu Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) untuk tahun 2023.

Berdasarkan informasi tersebut, sebanyak 3.576 peserta SNBT tahun 2023 dari 24.082 peserta yang mendaftar berhasil lulus di Universitas Syiah Kuala (USK).

Pada tahun ini, jumlah pendaftar SNBT di Provinsi Aceh adalah 16.550 peserta, sementara jumlah pendaftar yang diterima adalah 4.940 peserta. Oleh karena itu, Rektor USK Prof Marwan mengucapkan selamat kepada calon mahasiswa USK jalur SNBT ini.

Menurut Rektor, keberhasilan ini harus disyukuri dengan bersungguh-sungguh belajar pada berbagai program studi yang telah dipilih tersebut. Mengingat peserta yang berhasil lulus ini telah melewati proses seleksi yang tidak mudah.

“Kami ucapkan selamat. Selanjutnya, gunakanlah kesempatan studi di USK ini sebaikmungkin untuk mewujudkan cita-cita kalian,” ucap Rektor dalam keterangannya, Selasa (20/6/2023).

Kepada peserta yang tidak lulus SNBT, Rektor mengatakan untuk tidak berputus asa. Sebab masih ada satu kesempatan lagi untuk masuk perguruan tinggi negeri yaitu jalur Seleksi Mandiri, yang telah dibuka sejak tanggal 8 Mei – 27 Juni 2023.

Selain itu, USK juga membuka jalur Seleksi Talenta Berprestasi yang merupakan program penjaringan mahasiswa baru berdasarkan prestasi/kemampuan pada berbagai bidang. Seperti bidang akademik, kepemimpinan, minat dan bakat, olahraga, tahfidz, olimpiade, dan lainnya.

Rektor mengatakan, salah satu tujuan dibukanya jalur talenta berprestasi ini adalah untuk menemukan calon mahasiswa unggulan yang berjiwa kepemimpinan, berkarakter dan berprestasi.

“Program Talenta Berprestasi ini adalah bentuk apresiasi dan pembinaan kepada anak-anak kita yang berprestasi baik bidang akademik dan non akademik,” ucap Rektor.

Selanjutnya, Rektor mengingatkan kepada para peserta yang telah lulus jalur SNBT untuk mengikuti tahapan seleksi selanjutnya, serta memperhatikan dengan baik tanggal dan syarat kelulusan jalur SNBT ini. Misalnya jadwal pengisian Biodata Uang Kuliah Tunggal Berkeadilan (UKTB) yang dimulai dari tanggal 24 Juni – 7 Juli 2023.

Lalu Informasi lengkap terkait proses seleksi SNBT maupun jalur Mandiri dan Talenta Beprestasi ini dapat dilihat pada website resmi USK: www.usk.ac.id serta dapat menghubungi Unit Layanan Terpadu (ULT) USK pada nomor: 08116701962 atau Contact Person Panitia: 0811656886.

Shares: