News

3 Tenaga Medis di Simeulue Positif Covid-19

Satgas: Pemberian Vaksin Massal di Inggris 'Tak akan Terjadi'
Ilustrasi - Peneliti berupaya menciptakan vaksin virus corona. (ANTARA/Shutterstock/am.)

POPULARITAS.COM – Tiga orang tenaga medis di Kabupaten Simeulue dinyatakan positif terpapar Covid-19. Hal ini diketahui berdasarkan hasil pemeriksaan swab di Balitbangkes Aceh pada Jumat, 4 September 2020.

Selain 3 tenaga medis, hasil swab tersebut juga menunjukkan bahwa ada 6 warga Simeulue yang terpapar Covid-19. Sehingga, total tambahan pasien Covid-19 di Simeulue mencapai 9 orang.

Juru Bicara Penanganan Covid-19 Pemerintah Kabupaten Simeulue, Ali Muhayatsah mengatakan, pada 28 Agustus 2020, Tim Satgas Covid-19 melalui RSUD Kabupaten Simeulue mengirimkan sampel swab sebanyak 41 orang ke Balitbangkes Aceh.

Dari 41 orang sampel swab yang dikirimkan, kata Ali, 11 di antaranya positif terpapar Covid-19. Sementara 30 orang lainnya dinyatakan negatif.

“Ada 11 orang yang positif Covid-19, 2 di antara merupakan hasil swab kedua dan ketiga,” ujar Ali dalam keterangannya, Sabtu (5/9/2020).

Ia menjelaskan, dua pasien yang hasil swab kedua dan ketiga adalah RY (29), perempuan dan SI (40), laki-laki. Sementara 9 pasien tambahan adalah NB (24), laki-laki, TB (18), laki-laki, YR (40), perempuan.

Selanjutnya, FA (35), perempuan, DR (62), perempuan, RI (55), perempuan, SY (56), laki-laki, LW (56), perempuan, dan MW (17), laki-laki.

Ia menyebutkan, dari 11 pasien itu, 7 di antarnya masih dirawat atau isolasi di RSUD Kabupaten Simeulue. Sementara 3 orang lainnya diisolasi di PKM Simeulue Timur dan 1 orang lainnya diisolasi di Kompeks Rumah Dinas Kesehatan.

“Satu orang pasien positif Covid-19 yang baru karena kondisi dalam keadaan lumpuh maka diisolasi dan dirawat di Kompleks Rumah Dinas Kesehatan Simeulue,” jelasnya.

Dengan bertambahnya 9 pasien itu, maka total kasus positif Covid-19 di Kabupaten Simuelue menjadi 15 orang. Rinciannya adalah 11 orang dalam perawatan, 3 orang sembuh dan 1 orang meninggal dunia.

Ali menambahkan bahwa Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Simeulue akan melakukan tracing terhadap orang-orang yang pernah kontak dengan pasien positif tersebut. Selain itu, piahknya juga akan melakukan edukasi kepada keluarga baik yang positif maupun yang negatif Covid-19.

“Bupati Simeulue menegaskan dengan bertambahnya kasus positif Covid-19 mengharapkan kepada seluruh masyarakat untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, agar mematuhi protokol kesehatan,” pungkasnya. []

Shares: