News

30 wirausaha pemula di Aceh Besar ikuti bimtek pengolahan ikan

30 wirausaha pemula di Aceh Besar ikuti bimtek pengolahan ikan
30 wirausaha pemula di Aceh Besar ikuti bimtek pengolahan ikan. Foto: Ist

POPULARITAS.COM – Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Provinsi Aceh mengelar kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) pengolahan ikan bagi UMKM pemula di Kabupaten Aceh Besar.

Kegiatan tersebut berlangsung selama 4 hari mulai 30 Agustus 2022 sampai 2 September 2022 di Hotel Madinatul Zahra.

Kegiatan bimtek ini diikuti oleh 30 orang peserta dari Aceh Besar yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Aceh, Azhari.

Para peserta bimtek diberi materi oleh para ahli yaitu Sayyid Insya Mustafa; Muhammad Rizqi; Azmi Ramadhan dan narasumber lainnya.

Kepala Dinas Koperasi UKM Provinsi Aceh, Azhari mengatakan, kegiatan bimtek pendirian usaha ini merupakan suatu kegiatan bimbingan teknis yang memfokuskan bimbingan kepada para pelaku usaha secara detail dan komplit berdasarkan ilmu, materi dan pengalaman bisnis dari para ahli.

“Kegiatan bimtek kali ini akan fokus membahas tentang bagaimana membuka usaha mandiri berupa warung pengolahan ikan,” ujarnya.

Ia mengatakan, usaha warung pengolahan ikan sendiri merupakan usaha yang sangat menjanjikan hingga saat ini di daerah ujung barat Sumatra itu.

“Pada kegiatan bimtek ini akan disalurkan juga praktikum penting demi menunjang para peserta mendapatkan materi secara praktikum yang akan dilaksanakan di Gudang Lebim. Pada sesi ini nantinya para peserta akan diberikan praktik cara membuat ikan keumamah dan lainnya,” jelas Azhari.

Praktik lapangan sendiri berlokasi di Gudang Lebim dan bertujuan untuk memperkenalkan teori dasar secara aplikatif kepada para peserta kegiatan. Ini bertujuan agar para peserta mengerti teknik dasar secara lengkap dan juga berkompeten.

Praktik pengolahan ikan sendiri berlangsung khidmat di mana peserta dibagi menjadi 2 kelompok dan dimentori oleh 1 praktisi per masing-masing kelompok.

Para peserta nantinya, kata Azhari akan diajarkan bagaimana basic membuat ikan keumamah dimulai dari merebus ikan dari jenis ikan tongkol yang berukuran sedang dan kecil, kemudian dijemur hingga kering dan ikan kayu siap dipasarkan.

“Besar harapannya kegiatan bimtek ini dapat memompa semangat berbisnis para umkm sehingga usaha yang akan dijalankan kedepannya dapat berkembang dan membantu menumbuhkan perekonomian baik secara personal maupun masyarakat umum,” ungkapnya.

Shares: