News

37 warga binaan Lapas Banda Aceh ikuti pengambilan data Litmas

Sebanyak 37 warga binaan Lapas Kelas IIA Banda Aceh mengikuti kegiatan pengambilan data Penelitian Kemasyarakatan (Litmas) oleh Pembimbing Kemasyarakatan (PK) Bapas Banda Aceh, Senin (21/3/2022).
37 warga binaan Lapas Banda Aceh ikuti kegiatan pengambilan data Litmas. (Ist)

POPULARITAS.COM – Sebanyak 37 warga binaan Lapas Kelas IIA Banda Aceh mengikuti kegiatan pengambilan data Penelitian Kemasyarakatan (Litmas) oleh Pembimbing Kemasyarakatan (PK) Bapas Banda Aceh, Senin (21/3/2022).

Kepala Lapas Kelas IIA Banda Aceh, Said Mahdar menegaskan, dalam pengambilan data Litmas atau pengusulan hak warga binaan terkait integrasi sama sekali tidak dipungut biaya alias gratis.

“Semua layanan pada Lapas Banda Aceh tidak dipungut biaya. Lapas Banda Aceh juga menjalankan pengawasan ketat bagi pengguna narkoba, Alhamdulillah untuk sekarang Lapas Banda Aceh bersih dari narkoba,” kata Said Mahdar.

Said berharap dengan Litmas ini hak integrasi WBP dapat terpenuhi dengan baik.  Di sisi lain, program ini juga diharapkan bisa memotivasi WBP untuk terus berkelakuan baik, tidak mengulangi tindak pidana.

“Dan menjadi orang yang berguna ketika kembali ke lingkungan masyarakat nanti,” ucapnya

Sementara, Kasi Binadik, Ervan Kurniawan selaku koordinator kegiatan menjelaskan pengambilan data Litmas dilakukan kepada WBP yang telah memenuhi syarat untuk mendapatkan program integrasi.

“Kami memanggil 37 WBP dan berkoordinasi dengan pihak Bapas Banda Aceh untuk dilakukan Litmas oleh PK Bapas. Mereka sudah memenuhi syarat administratif dan substantif di mana sudah kurang lebih menjalani 2/3 masa pidana,” jelasnya.

Shares: