KesehatanNews

5 Makanan Sehat yang Ampuh Hilangkan Stres

5 Makanan Sehat yang Ampuh Hilangkan Stres
Ilustrasi Artichoke. (Pixabay)

– Stres adalah reaksi tubuh yang muncul ketika seseorang menghadapi suatu perubahan atau tekanan. Situasi yang memicu stres terkadang sulit untuk dihindari dan jika terus menerus terjadi akan menyebabkan stres kronis yang berdampak terhadap kesehatan.

Menariknya, beberapa jenis makanan ternyata cukup ampuh meredakan stres. Selain memberi efek relaksasi, jenis makanan tertentu memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan. Berikut lima 5 jenis makanan sehat yang direkomendasikan dapat membantu meredakan stres seperti dikutip Healthline.

Bubuk matcha

Bubuk teh hijau berwarna cerah ini populer di kalangan mereka yang mengadopsi gaya hidup sehat. Matcha kaya akan L-theanine, asam amino non-protein dengan sifat pereda stres yang kuat.

Matcha adalah salah satu sumber asam amino ini yang terbaik daripada jenis teh hijau lainnya, karena dibuat dari daun teh hijau yang ditanam di tempat teduh. Proses ini meningkatkan kandungan senyawa tertentu, termasuk L-theanine.

Baik penelitian pada manusia maupun hewan menunjukkan bahwa matcha dapat mengurangi stres jika kandungan L-theanine-nya cukup tinggi dan kafeinnya rendah.

Chard Swiss

Swiss chard adalah sayuran berdaun hijau yang mirip bayam dengan tangkai berwarna merah, kuning atau putih. Chard swiss merupakan salah satu superfood yang mengandung nutrisi tinggi, salah satunya dapat mengurangi stres.

Dalam 1 cangkir (175 gram) Chard Swiss yang dimasak mengandung 36% dari asupan magnesium yang disarankan, yang berperan penting dalam respons stres tubuh.

Kadar mineral yang rendah dalam tubuh mengakibatkan kondisi seperti kecemasan dan serangan panik. Stres kronis juga dapat menghabiskan simpanan magnesium dalam tubuh sehingga asupan magnesium dari sayuran ini dapat membantu mengurangi stres.

Ubi jalar

Ubi jalar adalah salah satu sumber karbohidrat utuh dan padat nutrisi yang dapat membantu menurunkan kadar hormon kortisol pemicu stres. Stres kronis juga dapat menyebabkan disfungsi kortisol yang mengakibatkan terjadinya peradangan, nyeri, dan efek samping lainnya.

Sebuah studi selama 8 minggu pada wanita dengan berat badan berlebih atau obesitas menemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi makanan karbohidrat padat nutrisi secara signifikan memiliki tingkat kortisol saliva yang lebih rendah daripada mereka yang mengikuti diet standar Amerika yang tinggi karbohidrat olahan.

Ubi jalar adalah salah satu makanan utuh yang mengandung karbohidrat dan nutrisi penting untuk respons stres, seperti vitamin C dan kalium.

Kimchi

Kimchi adalah hidangan sayuran fermentasi yang biasanya dibuat dari sawi putih dan lobak dan diberi bumbu pedas. Kimchi merupakan makanan tradisional korea yang mengandung bakteri baik yaitu probiotik dan sejumlah vitamin, mineral serta antioksidan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplemen probiotik dan makanan kaya probiotik seperti kimchi memiliki efek menguntungkan pada kesehatan mental. Hal itu kemungkinan akibat pengaruh bakteri baik dalam usus yang secara langsung mempengaruhi suasana hati.

Artichoke

Artichoke adalah sayuran asal mediterania yang bernutrisi tinggi. Biasanya dimasak dengan cara direbus atau dipanggang dan dimakan dengan saus. Sayuran ini termasuk sedikit rumit dimakan sebab memiliki ujung daun yang keras sehingga jika salah dalam pengolahannya akan mengakibatkan tersedak.

Artichoke merupakan sumber serat yang sangat terkonsentrasi dan kaya akan prebiotik. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa prebiotik seperti fructooligosaccharides (FOS), yang terkonsentrasi dalam artichoke, dapat membantu mengurangi tingkat stres. Artichoke juga tinggi kalium, magnesium, dan vitamin C dan K, yang semuanya penting untuk respons stres yang sehat.

Sumber: Sariagri.id

Shares: