News

50 Rohingya kembali masuk Aceh lewat perairan Selat Malaka

Pengungsi Rohingya saat terdampar di kawasan pantai Lampanah Leugah Aceh Besar, Kamis (16/2/2023 (ANTARA FOTO/Ampelsa)

POPULARITAS.COM – Sebanyak 50 imigran Rohingya kembali masuk Aceh melalui perairan Selat Malaka. Kapal yang membawa puluhan warga negara Myanmar itu bersandar di kawasan Pantai Mukim Lampanah Leugah, Kecamatan Seulimeum, Kabupaten Aceh Besar, Kamis (16/2/2023).

“Sebanyak 50 Rohingya mendarat di Lampanah Aceh Besar sekitar pukul 09.15 WIB,” kata Sekretaris Panglima Laot (laut) Aceh Miftach Tjut Adek, dikutip dari laman Antara, Kamis (16/2/2023).

Miftach menyampaikan imigran Rohingya tersebut diduga kuat adalah mereka yang sejak awal bulan lalu terpantau oleh nelayan berada di perairan Aceh.

“Kemungkinan iya (yang sebelumnya terpantau oleh nelayan Aceh),” ujarnya.

Sebelumnya satu kapal yang diduga kuat mengangkut para imigran asal negara Myanmar dengan etnis Rohingya kembali terpantau berada di wilayah perairan Peudada, Bireuen, Aceh.

Sementara itu Associate External Relations UNHCR Indonesia Mitra Salima juga membenarkan adanya imigran yang diduga kuat asal Rohingya terdampar di kawasan Lampanah Aceh Besar.

“Kami sudah mendapatkan kabar ada yang terdampar, tetapi belum bisa dipastikan apakah benar dari Rohingya, sekarang tim kami sedang ke lapangan,” kata Mitra Salima.

Shares: