News

521 Personel Polda Aceh Amankan Pelantikan Nova Sebagai Gubernur

POPULARITAS.COM – Sebanyak 521 personel Polda Aceh diturunkan untuk mengamankan pelantikan Nova Iriansyah sebagai Gubernur Aceh pada Kamsi (5/11/2020) besok. Politikus Demokrat ini rencananya akan dilantik oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol Ery Apriyono menyebutkan, ratusan personel yang diterjunkan itu akan mengamankan prosesi pelantikan Gubernur Aceh mulai pengamanan penjemputan Menteri Tito Karnavian bersama rombongan di Bandara SIM, Aceh Besar.

Mantan Kapolri tersebut, kata Ery, dijadwalkan tiba di  Aceh pada Rabu (4/11/2020) hari ini dan akan menginap di salah satu hotel di Kota Banda Aceh.

“Kemudian keesokan harinya, personel Polda Aceh yang terlibat pengamanan itu langsung bertugas sesuai ring pengamanan masing-masing yang telah ditentukan,” ujar Ery dalam keterangannya kepada wartawan di Banda Aceh, Rabu (4/11/2020).

Ia menjelaskan, selama prosesi pengamanan pelantikan Gubernur Aceh tersebut, 521 personel Polda Aceh dari sejumlah kesatuan itu bertugas di antaranya mengamankan arus lalu lintas, tempat penginapan dan kegiatan Mendagri bersama rombongan hingga kegiatan pelantikan Nova sebagai Gubernur Aceh.

“Kita berharap kegiatan tersebut berlangsung sukses dan lancar. Menjelang pelantikan Gubernur Aceh besok, kondisi Provinsi Aceh dalam keadaan aman dan kondusif,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Nova akan dikukuhkan sebagai Gubernur Aceh menggantikan posisi Irwandi Yusuf yang sebelumnya dipecat dari jabatannya karena terbukti melakukan tindak pidana korupsi dana otonomi khusus Aceh (DOKA) tahun anggaran 2018.

Sebelumnya, Mahkamah Agung pada putusan kasasi menjatuhkan hukuman tujuh tahun penjara dengan denda Rp 300 juta serta subsider tiga bulan kurungan terhadap Irwandi Yusuf. Saat ini, ia masih menjalani hukuman di Lapas Sukamiskin, Bandung.

Editor: dani

Shares: