HeadlineNews

9 Kabupaten/Kota di Aceh Nihil Covid-19

4 Jurnalis dan 1 OB Antara Positif Covid-19
vaksin corona. ©REUTERS/Dado Ruvic/Illustration/File Photo

BANDA ACEH (popularitas.com) – Pasien positif virus corona atau Covid-19 di Provinsi Aceh saat ini berjumlah 88 orang, data Selasa (7/7/2020). Dari jumlah ini, 43 sedang dirawat, 42 orang dinyatakan sembuh dan 3 orang meninggal dunia.

Data dari Dinas Kesehatan Aceh menyebutkan, 88 pasien positif itu tersebar di sejumlah kabupaten/kota di Tanah Rencong. Dari jumlah ini, Kabupaten Aceh Besar menjadi daerah penyumbang terbanyak kasus positif Covid-19 yakni 23 kasus. Kemudian disusul Kota Banda Aceh 22 kasus.

Setelah itu, Aceh Utara dan Aceh Tamiang masing-masing memiliki 9 kasus. Lalu, disusul Lhokseumawe sebanyak 7 kasus, Simeulue, Bener Meriah, Langsa, Aceh Selatan dan Gayo Lues masing-masing 2 kasus.

Selanjutnya, Pidie, Abdya, Sabang dan Bireuen masing-masing menyumbang 1 kasus. Sementara pasien luar daerah sebanyak 3 kasus dan luar negeri 1 kasus. Secara akumulasi, total kasus di Aceh sebanyak 88 orang.

Artinya, hingga Rabu, 8 Juli 2020, terdapat 9 kabupaten/kota yang masih nihil kasus positif Covid-19, yakni Aceh Tenggara, Aceh Timur, Aceh Tengah, Aceh Barat, Aceh Singkil, Aceh Jaya, Nagan Raya, Pidie Jaya dan Subulussalam.

Data terbaru Rabu (8/7/2020) disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Aceh, Hanif membenarkan ada penambahan kasus pasien positif virus corona (Covid-19) di Aceh.

Penambahannya sebanyak 1 kasus, yaitu warga Aceh Besar, jenis kelamin pria berinisial J (32). Ia dinyatakan positif berdasarkan hasil uji swab di laboratorium Unsyiah.

Dengan begitu, secara kumulatif pasien positif Covid-19 hingga saat ini sudah mencapai 89 orang. Pasien Covid yang sedang dirawat sebanyak 44 orang, sudah sembuh 42 orang, dan 3 orang meninggal dunia.

Banda Aceh Paling Banyak Sembuh

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Aceh, Kota Banda Aceh menjadi daerah paling banyak pasien sembuh yakni 14 orang. Kemudian disusul Aceh Besar sebanyak 9 orang, Aceh Tamiang 5 orang dan Aceh Utara 4 orang.

Sementara Simeulue, Gayo Lues, dan Bener Meriah masing-masing memiliki 2 pasien yang telah sembuh. Lalu disusul Pidie 1 orang, Abdya 1 orang, Lhokseumawe 1 orang dan luar negeri 1 orang.

Secara akumulasi, pasien yang telah sembuh di Aceh sebanyak 42 orang. Sedangkan yang meninggal dunia sebanyak 3 orang, yakni 1 warga Lhokseumawe, 1 Banda Aceh, 1 luar daerah. [acl]

Reporter: Muhammad Fadhil

Shares: