InsfrastrukturNews

Mengancam Keselamatan, Warga Perbaiki Sendiri Jembatan di Pijay

Mengancam Keselamatan, Warga Perbaiki Sendiri Jembatan di Pijay

PIDIE JAYA (popularitas.com) – Mengancam keselamatan warga yang melintas di sebuah jembatan gantung penghubung Gampong Udeung dan Ara di Kecamatan Bandar Baru, Pidie Jaya, karena beberapa plat besi ada yang sudah copot, sehingga berbahaya saat dilintasi warga. Sehingga warga secara swadaya memperbaiki jembatan yang rusak tersebut.

Perbaikan jembatan gantung itu mengunakan dana sumbangan sukarela warga itu. Cara mengumpulkan dana, masyarakat menempatkan sebuah kardus air mineral yang dijadikan sebagai tempat menampung sumbangan warga.

Di kardus tersebut dituliskan “Sumbangan sukarela untuk perbaikan las plat besi jembatan Ds (Desa) Udeung – Ds Ara”.

Mengancam Keselamatan, Warga Perbaiki Sendiri Jembatan di Pijay

Jembatan tersebut, selain sebagai penghubung Gampong Udeung dengan Ara, juga saling terhubung dengan Dusun Lancok Lueng, Desa Baroh Lancok, Bandar Baru Pidie Jaya.

“Jembatan ini kita perbaiki secara sukarela, karena beberapa lantainya ada copot, baotnya juga ada yang copot,” kata Anwar (43) salah satu warga Dusun Lancok Lueng, Gampong Baroh Lancok, Rabu (8/7/2020).

Perbaikan titian secara sukarela itu sudah mulai dilakukan selama beberapa hari, mengingat dana yang digunakan bersumber sumbangan warga.

“Kalau biaya habis, kita hentikan sementara, begitu uangnya sumbangan kembali terkumpul, kembali kami lanjutkan perbaikan jembatan ini,” jelas Anwar.

Kata Anwar, dalam proses mengumpulkan dana sumbangan tersebut, pihaknya juga memberlakukan sistem pemberlakukan biaya masuk dan keluar untuk perbaikan jembatan gantung itu.

Keuchik Gampong Ara, Bandar Baru, Pidie Jaya, Basri Ismail membenarkan perbaikan lantai jembatan gantung tersebut dilakukan secara sukarela oleh masyarakat dengan dana swadaya.

“Sudah tiga hari mereka kerja (perbaikan lantai jembatan gantung). Ada diminta sunbangan dari kita (Keuchik),” jelasnya.

Terpisah Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Pidie Jaya, Rizal Fikar kepada wartawan, mengaku selama ini pihaknya belum menerima informasi kerusakan lantai jembatan gantung tersebut.

“Kita akan ke lapangan,” ujarnya.[acl]

Reporter: Nurzahri

Shares: