News

ABK Asing Diminta Miliki Surat Bebas Corona Sebelum Masuk Calang

(net)

ACEH JAYA (popularitas.com) – Bupati Aceh Jaya T Irfan TB berharap kepada pihak syahbandar untuk dapat melihat kelengkapan surat bebas suspect virus corona dari anak buah kapal (ABK) asing yang akan berlabuh di Pelabuhan Calang.

“Kami berharap kepada pihak syahbandar nantinya awak kapal yang masuk ke Pelabuhan Calang ini harus dibekali surat keterangan bebas dari suspect virus corona,” kata Bupati T Irfan Tb di Calang, Jumat, 6 Maret 2020.

Ia menambahkan pihaknya sangat berharap kerjasama agar pihak syahbandar melihat surat bebas suspect corona tersebut.

“Kami dari pemerintah daerah juga siap mengirimkan tim kesehatan untuk dapat mengecek kesehatan ABK tersebut,” kata T Irfan Tb.

T Irfan Tb menyampaikan untuk jalur laut merupakan salah satu kepentingan investasi yang ada di Aceh Jaya, sehingga jika memang sudah dilakukan pengecekan secara baik oleh pihak kesehatan bahwa mereka bebas dari virus tersebut tidak menjadi persoalan untuk berlabuh di Aceh Jaya.

Sementara itu Azwana Amru Harahap selaku Pejabat Pembuat Komitmen Pelabuhan Calang saat dikonfirmasi menyampaikan sebelum kedatangan kapal nantinya pihaknya akan membuat Forum Group Discution (FGD) bersama semua instansi membahas tentang kesiapan dan SOP mengahadapi suspect virus corona.

“Bupati Aceh Jaya, Kepala Dinas Kesehatan akan kita undang nantinya karena memang masalah corona merupakan tanggungjawab kita bersama. Rencana kita akan laksanakan di PT Calang Sejati Indah,” kata Amru. (ANT)

Shares: