News

ABK kapal asing dievakuasi di perairan Aceh Besar

ABK kapal asing dievakuasi di perairan Aceh Besar
ABK kapal asing dievakuasi di perairan Aceh Besar, Selasa (3/1/2023) malam. Foto: Dok. Basarnas Banda Aceh

POPULARITAS.COM – Basarnas Banda Aceh mengevakuasi anak buah kapal (ABK) SM SANTOS, Win Htut (52), warga negara Myanmar di perairan Selat Benggala, Aceh Besar pada Selasa (3/1/2023) malam.

ABK kapal asing itu dievakuasi ke Rumah Sakit Teungku Fakinah Banda Aceh, karena mengalami sakit dalam pelayaran rute Argentina-Singapura.

“Saat berlayar dari Necochea, Argentina menuju Singapore, korban mengalami demam yang disertai sakit pada bagian dalam perut,” kata Kepala Basarnas Banda Aceh, Ibnu Harris Al Hussain dalam keterangannya, Rabu (4/1/2023).

Ia menjelaskan, operasi evakuasi tersebut dimulai sekitar pukul 21.35 WIB, di mana tim SAR gabungan bergerak dari Pelabuhan Ulee Lheue menuju titik temu menggunakan KN SAR Kresna 232.

Pada pukul 21.55 WIB, kata dia, KN SAR Kresna 232 tiba serta sandar pada lambung kiri kapal SM Santos. Lima menit kemudian, tim mempersiapkan proses evakuasi korban dari atas kapal SM Santos ke KN SAR Kresna 232

Selanjutnya, tambah Ibnu Harris, pukul 23.15 WIB, proses evakuasi terhadap ABK selesai dilakukan, selanjutnya KN SAR Kresna 232 bergerak dari titik evakuasi menuju Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh.

“Pukul 23.30 WIB, tim SAR gabungan tiba di Pelabuhan Ulee Lheue, selanjutnya korban dibawa menuju rumah sakit Fakinah untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut,” sebut Ibnu Harris.

Shares: