InsfrastrukturNews

Aceh Besar susun rencana detil tata ruang kawasan Kota Jantho

Aceh Besar susun rencana detil tata ruang kawasan Kota Jantho
Kepala Dinas PUPR Aceh Besar, Syahrial Amanullah ST saat membuka Focus Group Discussion (FGD) RDTR Kawasan Perkotaan Jantho kerjasama Pemkab Aceh Besar dengan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Direktorat Bina Perencanaan Tata Ruang Daerah Wilayah I, di The Pade Hotel, Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar, Kamis (8/7/2023). FOTO/MC ACEH BESAR

POPULARITAS.COM – Pemkab Aceh Besar, saat ini tengah mempersiapkan rencana detil tata ruang (RDTR) kawasan perkotaan Jantho. Program tersebut merupakan hasil lobi Pj Muhammad Iswanto lewat Kementrian ATR/BPN beberapa waktu lalu.

Hasil dari lobi itu, pihak Kementrian ATR/BPN mendukung sepakat mendukung Pemkab Aceh Besar untuk menuntaskan RDTR tiga kawasan kabupaten itu.

Kepala Dinas PUPR Aceh Besar Syahrial Amanullah, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (8/6/2023) menyebutkan, saat ini, pihanya dalam tahapan perumusan RDTR kawasan perkotaan Jantho. 

Sejumlah tahapan yang telah dilakukan adalah dengan menggelar dikusi grup terfokus atau FGD dengan melibatkan semua stakeholder dan juga dinas-dinas terkait.

Tata ruang kawasan perkotaan Jantho yang disusun nantinya, secara hirarki selaras dengan rencana tata ruang wilayah secara nasional, ujarnya.

Kawasan perkotaan Jantho dalam rumusan RDTR direncanakan akan menjadi pusat pemerintahan, pendidikan, serta pengembangan wisata di Aceh Besar, katanya lagi.

Ia juga menerangkan, terbukanya jalur Jantho – Lamno, Jantho – Keumala dan terbukanya pintu tol dapat menjadikan peluang kawasan perkotaan Jantho sebagai poros baru dalam pengembangan provinsi Aceh, demikian Syahrian Amanullah.

Shares: