KesehatanNews

Aceh Besar tingkatkan anggaran untuk cegah stunting

Aceh Besar tingkatkan anggaran untuk cegah stunting
Pj Muhammad Iswanto saat tandatangan komitmen Pemerintah Kabupaten Aceh Besar dalam rangka penurunan prevalensi stunting tahun 2023, Rabu (24/5/2023) di Aula Bappeda Pemkab Aceh Besar. FOTO : Prokim Aceh Besar

POPULARITAS.COM – Pemkab Aceh Besar terus berkomitmen, untuk ujudkan wilayah yang bebas stunting. Salah satu langkah penting yang dilakukan, yakni meningkatkan anggaran daerah untuk aksi penurunan angka stunting dikabupaten tersebut.

Hal itu disampaikan Pj Muhammad Iswanto, saat buka acara rapat kordinasi tim percepatan penurunan stunting di Aceh Besar, Rabu (24/5/2023) di aula kantor Bappeda di daerah setempat.

Muhammad Iswanto menyebutkan, selain peningkatan anggaran lewat skema APBK, pihaknya juga mencari sumber pembiayaan lainnya, baik itu dari APBA, APBN maupun dari pihak-pihak swasta dan BUMN.

Saat ini, katanya lagi, penurunan angka stunting merupakan agenda nasional. Karna itu, pemerintah daerah wajib mendukung dan menyelaraskan program dan kegiatan guna menyukseskan hal tersebut.

Selain meningkatkan anggaran, sambung Pj Bupati, terdapat aksi lainnya yang akan diselenggarakan pihaknya guna percepatan penurunan angka stunting di Aceh Besar, seperti pengembangan rumah gizi gampong, dapur sehat atasi stunting, pengembangan kebijakan konsumsi pangan lokal, regulasi komunikasi perubahan perilaku, penyediaan sarana dan prasarana sanitasi.

Kemudian, layanan akses air bersih kepada daerah rawan, sinergitas semua para pihak dan lintas sektoral, pendampingan keluarga, serta manajemen data yang baik dan akurat, tutur Pj Bupati Aceh Besar lagi.

Saat ini, tegasnya, indikator keberhasilan kinerja pemerintah daerah, salah satunya adalah penilaian atas keberhasilan penurunan angka stunting. Untuk itu, katanya lagi, Ia mengharapkan dukungan semua pihak terhadap kerja-kerja yang dilakukan Pemkab Aceh Besar guna wujudkan hal tersebut secara optimal.

Karena itu, tukas Muhammad Iswanto, lewat Rakor yang diselenggarakan ini, dirinya meminta semua pihak untuk meningkatkan konvergensi, kolaborasi, sinkronisasi lintas sektoral, serta aksi intervensi yang fokus pada sasaran yang ditetapkan.

Hal yang juga penting menjadi perhatian penyelenggara pemerintahan, mengikutsertakan keterlibatan semua pihak, seperti tokoh agama, masyarakat, pimpinan adat, dunia usaha dan industri, serta pihak-pihak lainnya untuk berkontribusi pada aksi penurunan angka stunting di Aceh Besar, demikian Pj Bupati Aceh Besar.

Usai membuka acara Rakor itu, Pj Bupati Aceh Besar dan para pejabat lainnya, menandatangani komitmen Pemerintah Kabupaten Aceh Besar dalam rangka penurunan prevalensi stunting tahun 2023.

Shares: