News

Aceh Jaya Diguncang Gempa Tektonik Magnitudo 4.7

Aceh Jaya Diguncang Gempa Tektonik Magnitudo 4.7

POPULARITAS.COM – Gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo 4.7 mengguncang Kabupaten Aceh Jaya ini hari, Minggu (11/10/2020) sekira pukul 03.22 WIB.

Berdasarkan hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi itu memiliki parameter dengan magnitudo 4.7 dengan episenter terletak pada koordinat 4.76 LU dan 95.77 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 25 km Timur Laut Calang – Aceh Jaya pada kedalaman 71 km.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Aceh Besar, Djati Cipto Kuncoro mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat aktifitas subduksi yang terjadi di Pantai Barat Pulau Sumatera.

Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Banda Aceh dengan Skala Intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

“Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut,” kata Djati Cipto Kuncoro.

Kepada masyarakat, Djati meminta tetap tenang setiap ada gempa dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. “Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG,” tutupnya.[acl]

Shares: