News

Aceh Singkil diguncang gempa tektonik 4,4 magnitudo

Lokasi gempa bumi tektonik berkekuatan 4,4 magnitudo yang mengguncang Aceh Singkil, Jumat (16/2/2024). (BMKG)

POPULARITAS.COM – Wilayah Aceh Singkil diguncang gempa bumi tektonik berkekuatan 4,4 magnitudo, Jumag (16/2/2024) sekitar pukul 15.22 WIB.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut, pusat gempa ini berada di laut pada jarak 21 kilometer arah Tenggara Singkil di kedalaman 31 kilometer.

“Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Megathrust,” ujar Kepala Stasiun Geofisika Aceh Besar, Andi Azhar Rusdin kepada popularitas.com, Jumat (16/2/2024).

Dari laporan yang diterima, gempa ini dapat dirasakan di Aceh Singkil dan Subulussalam. Namun, belum ada laporan kerusakan bangunan yang diterima.

“Hingga pukul 15.38 WIB tidak ada kejadian gempa bumi susulan, masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak benar,” jelasnya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram channel (https://t.me/InaTEWS_BMKG) atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.

Shares: