EkonomiNews

Aceh surplus cabai merah

Aceh surplus cabai merah
Cabai merah yang dipasarkan di Pasar Induk Lambaro, Aceh Besar, Senin (12/9/2022). Foto: Riska Zulfira/popularitas.com

POPULARITAS.COM – Produkvitas cabai merah di Aceh tahun 2023 di proyeksi alami surplus. Saat ini, dari data Januari-Oktober, produksinya sudah mencapai 75 ribu ton. Diperkirakan jumlahnya alami kenaikan 5-10 persen dibandingkan dengan tahun 2023.

Hal tersebut disampaikan Chairil Anwar, Kepala Bidang Hortikultura Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Aceh, Jumat (15/12/2023) dilansir dari laman Antara.

Ia menegaskan, dengan capaian tersebut, maka diperkirakan provinsi ini akan surplus cabai merah dan bahkan dapat menyuplai kebutuhan daerah lainnya di Indonesia.

Sementara itu, produktivitas cabai rawit juga mengalami surplus. Saat ini hingga Oktober 2023, produksi komoditas tersebut telah mencapai 60 ribu ton.

Karna surplus cabai merah dan cabai rawit, saat ini banyak petani di Aceh sudah menjalin kontrak dan kerjasama dengan pedagang di provinsi lainnya untuk pengiriman ke daerah tersebut.

Pihaknya juga mendorong masyarakat di Aceh, untuk terus menggiatkan aktivitas bertani cabai. Sebab, selain sebagai komoditas strategis harga jual cabai juga relatif stabil.

Distabun Aceh sendiri, pungkasnya, akan terus melakukan pendampingan dan juga pemberian bantuan benih cabai kepada petani disentral-sentrak produksi cabai di provinsi ujung barat Sumatra tersebut, demikian Chairil Anwar.

Editor : Muhammad Fadhil

Shares: