EkonomiNews

Aceh target 2,57 juta ton padi tahun 2018

Pemerintah Aceh menargetkan produksi padi pada musim tanam tahun 2018 di daerah ini sebanyak 2,57 juta ton gabah kering panen.
Banjir Aceh Utara sebabkan 746 hektar tanaman padi alami puso
Foto : Ilustrasi

BANDA ACEH (popularitas.com) :  Pemerintah Aceh menargetkan produksi padi pada musim tanam tahun 2018 di daerah ini sebanyak 2,57 juta ton gabah kering panen.

“Kita terus berupaya meningkatkan produksi dan produktivitas hasil pertanian di Aceh terutama untuk komoditas padi,” kata Gubernur Aceh Irwandi Yusuf di Banda Aceh, Selasa.

Pernyataan itu disampaikannya dalam pidato tertulis dibacakan Sekda Aceh, Dermawan di sela-sela membuka Rapat Koordinasi membahas Upaya khusus Tanaman Padi, Jagung dan Kedelai di Provinsi Aceh tahun 2018 di Banda Aceh.

Ia menjelaskan target tersebut akan dicapai dengan target luas tanam pada tahun 2018 mencapai 507.549 hektare yang terdiri atas musim tanam rendeng seluas 295.379 hektare dan musim tanam gadu seluas 212.170 hektare.

Ia mengatakan pencapaian target produksi tersebut didukung peningkatan produktivitas dengan target mencapai 53,40 kuintal per hektare pada tahun ini.

Menurut dia, pencapaian produksi tersebut akan dicapai melalui perluasan areal tanam secara berkelanjutan, pengamanan areal tanam dari organisme pengganggu dan dampak perubahan iklim, mendistribusikan pupuk bersubsidi, penyediaan benih, penyediaan sarana produksi, pelatihan petani, penguatan kelembagaan, dan penerapan teknologi kepada para petani binaan.

“Pemerintah Aceh siap menjalin kerja sama dengan berbagai pihak untuk menyukseskan Upsus Pajale, termasuk dengan TNI yang beberapa tahun terakhir aktif memperkuat sektor pertanian di Aceh.,” katanya.

Ia menambahkan dalam peningatakan produktivitas tersebut penggunaan bibit unggul akan diperkuat sehingga produktivitas hasil pertanian terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

“Kita berharap keberhasilan pada tahun lalu yakni capaian produksi naik 13 persen pada tahun 2017 dibanding 2016 dapat terulang lagi pada tahun ini,” kata Irwandi.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, A Hanan, Panglima Kodam Iskandar Muda diwakili Danrem 011/Lilawangsa, Kol Inf Purmanto, Danrem 012/Teuku Umar, Kol Inf Aswardi. (aceh.antaranews.com)

Shares: