News

Aceh targetkan masuk 10 besar PON 2024

Aceh targetkan masuk 10 besar PON 2024
Aceh targetkan masuk 10 besar PON 2024
Pelantikan pengurus KONI Aceh masa bakti 2022-2026 di Anjong Mon Mata, Banda Aceh, Jumat (27/1/2023) malam. Foto: Cut Nauval/Waspada

POPULARITAS.COM – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Aceh menargetkan daerah ujung barat Sumatra ini finis di 10 besar pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 mendatang.

“Pada PON tahun 2024 mendatang, kita telah memasang target, prestasi Aceh harus lebih meningkat, yaitu berada di posisi 10 besar dari 34 provinsi peserta PON,” kata Ketua Umum KONI Aceh, Kamaruddin Abu Bakar.

Abu Razak, sapaan akrab Kamaruddin Abu Bakar menyampaikan hal tersebut dalam sambutannya pada pelantikan pengurus KONI Aceh masa bakti 2022-2026 di Anjong Mon Mata, Banda Aceh, Jumat (27/1/2023) malam.

Adapun susunan pengurus yang dilantik, di antaranya Abu Razak sebagai ketua umum, M Nasir sebagai sekretaris umum, Kennedi Husen sebagai bendahara umum dan puluhan pengurus lainnya.

Abu Razak menyampaikan, untuk mewujudkan target 10 besar pada PON 2024, tentunya dibutuhkan banyak sekali persiapan, yang harus dikerjakan bersama-sama.

KONI Aceh sendiri, katanya, saat ini sedang mempersiapkan pelaksanaan pembinaan prestasi atlet Aceh melalui Pelatda PON tahun 2023.

“Insya allah, saya yakin, dengan kerja keras, dan kekompakan seluruh elemen yang ada di Aceh, target tersebut akan berhasil kita raih,” kata Abu Razak.

Dalam kesempatan itu, Abu Razak berharap pelantikan tersebut tidak hanya sebagai ajang seremoni semata, tetapi juga menjadi momentum penting untuk menambah semangat, dalam upaya meningkatkan prestasi olahraga Aceh, khususnya menjelang PON 2024 mendatang.

Sebagaimana semangat awal saat mencalonkan diri sebagai ketua umum KONI Aceh masa bakti 2022-2026, Abu Razak bersama para pengurus yang telah disusun, dan resmi dilantik pada malam ini, bertekad untuk lebih meningkatkan lagi prestasi olahraga Aceh, baik di level regional, nasional dan internasional.

Sebagaimana diketahui, kata dia, saat ini prestasi olahraga Aceh terus mengalami peningkatan, khususnya di dua ajang PON yaitu PON 19 Jawa Barat dan PON 20 Papua.

Pada PON 19 tahun 2016 di Jawa Barat, sebut Abu Razak, Aceh berhasil memperbaiki peringkat hingga ke rangking 17, dari rangking 25 pada PON sebelumya di Riau.

Peningkatan, ucap Abu Razak, terus berlanjut saat PON 20 tahun 2021 di Papua, di mana posisi Aceh menanjak hingga ke rangking 12.

Abu Razak mengatakan, capaian-capaian tersebut tentunya tidak terlepas dari kepemimpinan ketua umum KONI Aceh sebelumnya, Muzakir Manaf atau yang akrab disapa Mualem, bersama para pengurus KONI Aceh dan dukungan dari seluruh pihak, khususnya dari Pemerintah Aceh.

“Saya bersama pengurus KONI Aceh yang baru dilantik akan bekerja keras untuk melanjutkan estafet Mualem dalam memajukan olahraga Aceh,” katanya.

Sementara, Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Nourman menyampaikan terima kasih atas dukungan yang diberikan Pj Gubernur Aceh dan jajaran PB PON 2024, demi kesuksekan PON Aceh-Sumut.

Marciano optimis dan yakin Pj Gubernur Aceh dapat mengoptimalkan seluruh kemampuan yang ada di daerah ini, sehingga menjadi tuan rumah yang baik.

“Saya berharap semua berjalan dengan baik, pembangunan venue yang ada saya yakin gubernur berkomunikasi terus dengan para menteri terkait untuk bisa selesai pada waktunya,” pungkasnya.

Shares: