KesehatanNews

Aceh Tengah kembali ditetapkan zona merah penyebaran covid-19

Aceh Tengah kembali ditetapkan zona merah penyebaran covid-19
uru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani (SAG)

POPULARITAS.COM – Kabupaten Aceh Tengah provinsi Aceh, dimasukkan dalam kategori zona merah penyebaran covid-19, bersama dengan Banda Aceh. Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Covid-19, Saifullah Abdulgani, dalam keterangan tertulisnya yang diterima media ini, Kamis (8/7/2021).

Dijelaskanya, Tim Pakar Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nasional, merilis hasil analisis data pandemi corona virus desease periode 28 Juni – 4 Juli 2021, dan menempatkan Aceh Tengah menjadi zona merah.

“Kota Banda Aceh sudah menjadi zona oranye dua pekan berturut setelah melepaskan diri dari zona merah dua pekan sebelumnya. Kini menjadi zona merah lagi. Sedangkan Aceh Tengah menjadi zona merah dalam dua minggu terakhir,” jelas Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani. 

baca juga : Banda Aceh dan Aceh Tengah Kembali Jadi Zona Merah Covid-19

Sebagaimana pernah diberitakan, Satgas Penanganan Covid-19 Nasional menetapkan Peta Zonasi Risiko daerah berdasarkan perhitungan indikator epidemiologi, surveilans kesehatan masyarakat, dan indikator pelayanan kesehatan setiap kabupaten/kota di tanah air. 

Tim Pakar menganalisis kasus positif Covid-19 dan hasil pemeriksaan laboratorium berdasarkan data surveilans Kementerian Kesehatan. Sedangkan kapasitas pelayanan rumah sakit suatu daerah diambil dari data rumah sakit online di bawah koordinasi Dirjen Pelayanan Kesehatan, Kementerian Kesehatan. 

baca juga : Aceh Tengah Kembali Berstatus Zona Merah Covid-19

Hasil skoring dan pembobotan data kesehatan masyarakat dalam masa pandemi Covid-19 periode 28 Juni – 4 Juli 2021 tersebut di Aceh,  ternyata dua daerah masuk dalam kategori risiko tinggi (zona merah), enam daerah risiko rendah (zona kuning), dan 15 daerah lainnya merupakan daerah risiko sedang (zona oranye). 

Zona merah di Aceh meliputi Banda Aceh dan Aceh Tengah, zona kuning meliputi Aceh Timur, Aceh Tenggara, Bener Meriah, Pidie Jaya, Simeulue, dan Subulussalam. Subulussalam sudah tujuh pekan bertahan sebagai zona kuning. Sedangkan 15 kabupaten/kota lainnya belum beranjak dari zona oranye dalam lima pekan terakhir, jelas SAG. 

“Belum ada zona hijau di Aceh, zona yang relatif aman dari ancaman virus corona.  Karena itu,  tetap menjalankan protokol kesehatan secara ketat dan ikut menyukseskan program vaksinasi Covid-19 untuk mempercepat terbentuknya imunitas kelompok”  tutur SAG. 

Editor : Hendro Saky

Shares: