KesehatanNews

8 TKA China di PLTU Nagan Raya Dinyatakan Negatif Virus Corona

ilustrasi.

BANDA ACEH (popularitas.com) – 8 TKA asal China yang bekerja di perusahaan PLTU Nagan Raya dinyatakan negatif virus corona. Mereka juga sudah menjalani masa karantina selama 14 hari.

Koordinator Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) wilayah Meulaboh, Provinsi Aceh, Samsul Bahri, mengatakan kedelapan TKA asal China itu awalnya pulang kampung saat imlek. Setelah itu, mereka balik lagi pada tanggal 5 Februari 2020 lalu.

WN China tersebut, kata dia sebenarnya sudah beberapa kali menjalani pemeriksaan di bandara-bandara tempat mereka transit. Namun perusahaan melakukan pemeriksaan ulang untuk memastikan para TKA China bebas virus Corona.

Untuk mencegah adanya suspect corona, pihak perusahaan mengkarantina mereka di basecamp yang telah disediakan selama 14 hari.

“Pihak perusahaan mengkarantinakan mereka untuk mengantisipasi virus. Sebelumnya mereka juga sudah lewat screaning di Bandara Soetta sebelum sampai ke Nagan Raya,” kata Samsul saat dikonfirmasi, Selasa, 3 Maret 2020.

Proses karantina tersebut, dilakukan secara mandiri oleh perusahaan yang mempekerjakan tenaga kerja asing tersebut, dan tidak diperbolehkan keluar untuk beraktivitas selama masa karantina.

Bahkan, setiap harinya, para TKA juga diperiksa suhu tubuh, dan seluruh hasil pemeriksaan kesehatan tersebut, setiap hari dilaporkan ke Kantor Kesehatan Pelabuhan Wilayah Kerja Meulaboh, guna memastikan kondisi mereka.

Setelah dinyatakan negatif terhadap corona, kedelapan WN China tersebut diperbolehkan bekerja di perusahaan itu. Sementara, pihak KKP akan tetap memonitoring kesehatan mereka dan juga klinik perusahaan tersebut.

“Mereka sudah aman dan sudah bekerja seperti biasa,” ujarnya. (Dani)

Shares: