Aceh Tengah temukan delapan kasus HIV/AIDS, empat orang meninggal

POPULARITAS.COM – Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Tengah menyatakan pada tahun 2022 pihaknya menemukan ada delapan kasus HIV/AIDS di daerah itu.

“Kasus HIV/AIDS pertama kali ditemukan di Aceh Tengah pada tahun 2006,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Tengah Yunasri, dikutip dari laman Antara, Jumat (21/10/2022).

Ia menjelaskan, pada tahun 2022, pihaknya menemukan ada delapan kasus dengan status empat orang HIV dan empat orang AIDS. Di mana dari delapan kasus itu, empat di antaranya dilaporkan meninggal dunia.

Disebutkan, sejak saat itu tercatat sudah ada sebanyak 67 kasus pasien terinveksi HIV/AIDS dengan rincian 31 orang penderita HIV dan 36 orang penderita AIDS.

Ia mengatakan dari total kasus tersebut 36 orang dilaporkan meninggal dunia.

Yunasri mengatakan, sejak awal pihaknya telah melakukan langkah-langkah pencegahan diantaranya seperti melakukan screening guna mengetahui potensi penularan HIV/AIDS di tengah masyarakat.

“Kita sudah melakukan screening kepada 2.400 orang. Ini merupakan salah satu upaya kita dalam menangani HIV/AIDS di Aceh Tengah,” kata Yunasri.

Pihaknya juga terus meningkatkan sosialisasi terkait pencegahan terhadap dan penanganan kasus HIV/AIDS di daerah setempat. (ant)

Comments
Loading...