NewsTeknologi

Ada Fenomena Awan Tsunami, Meulaboh Trending di Twitter

BANDA ACEH (popularitas.com) – Fenomena alam berupa awan hitam berbentuk gelombang tsunami di Aceh Barat, Meulaboh viral di media sosial. Sehingga membuat hastag ‘Meulaboh’ menjadi trending di twitter.

Amatan popularitas.com hastag Meulaboh masih diposisi atas trending twitter skala nasional. Hingga pukul 17:20 WIB, hastag meulaboh sudah mencapai 5.383.

Warganetpun banyak memposting fenomena awan badai tersebut. Rata-rata mereka berharap tidak ada kejadian bencana setelah awan yang memiliki nama awan Arcus atau awan tsunami.

“Mohon doanya Kota Meulaboh baik-baik saja. Pemandangan awan pagi ini di atas kota Meulaboh, Aceh Barat,” kata pemilik akun @masawep dalam akun twitternya.

Sebelumnya, Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun I Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Zakaria menjelaskan, awan yang berbentuk seperti ombang yang menggulung itu adalah awan Arcus.

“Awan yang berbentuk seperti ombak yang menggulung namanya awan Arcus atau disebut juga awan Tsunami. Awan ini merupakan bagian dari awan CB (Cumulonimbus),” ujar Zakaria dalam keterangannya.

Ia menuturkan, awan raksasa itu merupakan awan rendah dan biasanya berada pada satu level atau single level. Awan ini juga dapat menimbulkan angin kencang, hujan lebat disertai kilat, petir, angin puting beliung atau hujan es.

“Dan awan ini biasanya terjadi di daerah yang tidak begitu luas sehingga tidak dapat dipantau oleh satelit,” jelas Zakaria.

Zakaria mengimbau kepada masyarakat agar tak panik dengan munculnya fenomena tersebut. Namun, ia meminta masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati.

“Imbauan bila terlihat awan itu agar cepat-cepat mencari perlindungan, jangan bertahan di lapangan terbuka dan bagi nelayan agar segera berlabuh ke darat,” pungkasnya. (dani)

Shares: