HeadlineNews

Agus Subiyanto, Panglima TNI pilihan Jokowi

DPR RI paripurna persetujuan Jenderal Agus Subiyanto jabat Panglima TNI
Jenderal TNI Agus Subiyanto. FOTO : Dispenad

POPULARITAS.COM – Saat Joko Widodo masih menjabat sebagai Walikota Solo, Agus Subiyanto adalah Komandan Kodim (Dandim) 0735 Surakarta tahun 2009-2011. Saat itu, pangkatnya masih Letnan Kolonel.

Seiring perjalanan waktu, berbagai jabatan dipegang oleh Agus Subiyanto. Sebelum dilantik oleh Presiden RI Joko WIdodo untuk pimpin matra darat TNI, lelaki lulusan Akmil 1991 itu mengemban amanah sebagai Wakil Kepala Staf TNI AD.

Dudung Abdurachman yang segera memasuki purna tugas sebagai Kepala Staf TNI AD pada November 2023, Presiden Joko Widodo memutuskan menunjuk Letjen TNI Agus Subiyanto menggantikan Jenderal Dudung.

Dilantik pada tanggal 27 Oktober 2023 sebagai Kepala Staf TNI AD, empat bintang pun disematkan dipundaknya sebagai Jenderal TNI AD.

Senin (30/10/2023) atau lima hari usai usai mantan Danrem 061/Surya Kencana itu dilantik sebagai Kasad, Presiden RI Joko Widodo usulkan namanya ke DPR RI untuk ditetapkan sebagai Panglima TNI gantikan Yudo Margono yang purna tugas pada 26 November 2023 mendatang.

Usulan nama Agus Subiyanto sebagai Panglimat TNI, muncul dalam surat presiden (Surpres) yang dikirimkan kepada DPR RI untuk dilakukan fit and proper test.

Presiden ajukan Jendral Agus Subiyanto jabat Panglima TNI
Presiden Joko Widodo melantik Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu (25/10/2023). Foto: BPMI Setpres

Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid, dalam keterangannya kepada Antara, Senin (30/10/2023), benarkan bahwa pihaknya telah menerima Surpres dari Presiden RI Joko Widodo. “Iya, sudah diterima,” katanya.

Namun begitu, Meutya Hafid menolak nama yang diusulkan oleh Presiden RI tersebut. Menurutnya, hal tersebut nantinya akan disampaikan langsung oleh Ketua DPR RI Puan Maharani. “Iya, nanti biar bu ketua saja yang sampaikan ke publik,” ujarnya.

Dia menambahkan Komisi I DPR RI pada Selasa (31/10) bakal rapat internal untuk membahas tanggal uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) kepada calon tunggal Panglima TNI itu.

Profil Jenderal TNI Agus Subiyanto

Agus Subiyanti lagi Lahir di Cimahi, Jawa Barat pada 5 Agustus 1967. Putra pasangan Serka (Purn) Deddy Unadi dan Cicih ini mengenyam pendidikan di SDN Baros Mandiri 4 Cimahi, Jawa Barat dari 1974 hingga 1980. 

Lulus SD, suami dari Evi Sophia Indra itu kemudian melanjutkan pendidikannya di SMPN 2 Cimahi selama tiga tahun mulai 1980-1983. 

Agus Subiyanto kemudian melanjutkan pendidikannya ke jenjang selanjutnya yakni, SMAN 13 Bandung pada 1983-1986. Selepas SMA, Agus Subiyanto mengikuti jejak ayahnya menjadi tentara. Agus Subiyanto melanjutkan pendidikan di Akademi Militer (Akmil) pada 1991. 

Agus kemudian mengikuti Kursus Dasar Kecabangan (Sussarcab) Infanteri Kopassus. Lahir dari keluarga militer, Agus Subiyanto mengawali karier militernya sebagai Kasiops Sektor A di Timor Timur, kemudian menjadi Danyon 22 Grup 2 Kopassus, hingga menjadi Kepala Penerangan Kopassus. Agus Subiyanto kemudian mendapat promosi menjadi Dandim 0735/Surakarta (2009-2011) saat Presiden Jokowi menjabat sebagai Wali Kota Solo.

Tugas Berat Jenderal TNI Agus Subiyanto

Jika pun nanti, proses uji kepatutan dan kelayakan Jenderal TNI Agus Subiyanto di DPR RI mulus, lelaki tersebut akan dilantik oleh Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara.

Tugas maha berat yang di emban olehnya adalah memastikan kondisi keamanan dan ketertiban negara dalam pesta demokrasi 2024 mendatang.

Harapan rakyat Indonesia tentu, TNI sebagai pilar negara berperan kuat menjaga netralitas TNI.

Editor : Hendro Saky

Shares: