News

Ajudan Wagub Sumut Positif Covid-19 Saat Berada di Bireuen

Ajudan Wagub Sumut Positif Covid-19 Saat Berada di Bireuen
Mobil ambulans saat menjemput pasien dalam pengawasan untuk dirujuk ke Banda Aceh. (ist)

BANDA ACEH (popularitas.com) – Ajudan Wakil Gubernur Sumatera Utara berinisial O, 25 tahun, dikabarkan positif terinfeksi virus corona atau Covid-19 saat pulang ke kampung halamannya di salah satu desa di Kecamatan Kota Juang, Kabupaten Bireuen.

Kabar positif seorang warga Bireuen itu beredar luas di sejumlah group WhatsApp komunitas dan organisasi warga Kabupaten Bireuen. Pasien positif tersebut disebut-sebut memang benar ajudan Wagub Sumut, Musa Rajekshah.

Juru Bicara Tim Covid-19 Kabupaten Bireuen, Husaini membenarkan pasien berinisial O tersebut warga Kabupaten Bireuen. Namun, ia tak bisa memastikan apakah benar yang bersangkutan bertugas sebagai ajudan Musa Rajekshah.

“Dia memang benar kerja sebagai ASN di Sumatera Utara, kita tidak tahu (ajudan atau bukan), pokoknya dia benar seorang ASN di Pemerintah Provinsi Sumatera Utara,” jelas Husaini saat dihubungi, Selasa, 5 Mei 2020.

Husaini menerangkan, pasien O sebelumnya sudah pernah dirawat di Rumah Sakit Adam Malik Medan karena positif terinfeksi virus corona. Namun, pada April 2020 lalu ia dinyatakan sembuh dan negatif corona berdasarkan hasil swab Balitbang Kemenkes RI.

Setelah dinyatakan negatif, kata Husaini, pasien O sudah dibolehkan pulang dan melakukan karantina mandiri di rumahnya di Medan. Saat pulang, hasil swabnya diambil kembali dan hasilnya keluar pada Senin, 4 Mei 2020 kemarin.

“Karena dia menganggap hasilnya sudah negatif, mungkin karena itu dia pulang ke kampungnya, nah hasil positif baru kita terima kemarin sore jam 4 dan malamnya kita langsung bawa ke Medan lagi,” sebut Husaini.

Husaini berharap warga Bireuen tetap waspada dan tidak panik pasca keluarnya hasil positif terhadap seorang waga di kabupaten tersebut. Ia juga mengimbau warga untuk menghindari tempat-tempat keramaian.

“Setelah pulang ek Bireuen dua hari lalu, dia belum pernah jumpa sama teman-temannya, sedangkan untuk keluarganya sudah kita minta karantina mandiri,” pungkasnya. [acl]

Reporter: Muhammad Fadhil

Shares: