News

Aksi heroik bocah di Lampung gagalkan aksi jambret

Aksi heroik bocah di Lampung gagalkan aksi jambret
Detik-detik aksi heroik bocah di Lampung gagalkan aksi jambret. Foto: tangkapan layar youtube

POPULARITAS.COM – Video aksi seorang bocah Sekolah Dasar (SD) menggagalkan kawanan jambret viral di media sosial. Aksi tersebut terekam CCTV di Jalan Ridwan Rais, Gang Ainang, Kelurahan Kalibalok Kencana, Kecamatan Kedamaian, Lampung pada Jumat (20/10/2023) sekitar pukul 14.30 WIB.

Setelah ditelusuri, bocah tersebut diketahui bernama Riki Maulana. Aksi heroik bocah berusia 12 tahun itu mendapat apresiasi dari Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika.

Hal tersebut disampaikan Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Umi Fadillah Astutik, dalam keterangannya, Selasa (24/10/2023).

“Kapolda Lampung sangat mengapresiasi serta menghargai dan bangga akan tindakan Riki Maulana yang berani hingga mampu menggagalkan aksi kejahatan,” katanya.

Ia mengatakan tindakan Riki dinilai pemberani karena menggagalkan aksi penjambretan yang dialaminya, meski pelaku lepas dan kabur dari kejaran massa dan pegangan Riki Maulana.

“Tindakan itu disebut sangat berani. Terlebih korban Riki masih anak-anak dan pelajar kelas 6 SD, keberaniannya di atas umurnya,” kata dia.

Kapolda juga mengimbau agar tindakan Riki ini menjadi contoh, tidak hanya kepada masyarakat tetapi juga anggota kepolisian.

“Kapolda mengimbau seluruh jajaran terus berupaya mengkampanyekan tentang pencegahan kejahatan sebagai salah satu kampanye penyuluhan kamtibmas oleh anggota Bhabinkamtibmas,” kata Umi.

Menurutnya, hal ini sebagai cegah tangkal sehingga masyarakat punya daya cegah terhadap potensi-potensi gangguan keamanan.

“Terkait aksi kriminalitas yang dialami Riki, kami sudah memberikan instruksi jajaran untuk mengungkap pelaku penjambretan tersebut,” kata dia.

Diketahui, sebuah video seorang bocah menggagalkan aksi penjambretan viral di media sosial. Pelaku ditarik hingga terjatuh dari sepeda motornya oleh sang bocah. Video yang berupa rekaman kamera CCTV selama 1.27 menit memperlihatkan detik-detik terjadinya aksi penjambretan.

Shares: