HukumNews

Jaksa usut dugaan korupsi alsintan di Dinas Pertanian Abdya

Jaksa mengecek kondisi sejumlah alsintan yang ada di beberapa kecamatan di Abdya, Senin (23/10/2023) kemarin. Foto: Kejari Abdya

POPULARITAS.COM – Tim Jaksa Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Abdya mengusut dugaan korupsi terkait pengelolaan alat dan mesin pertanian (alsintan) di Dinas Pertanian setempat tahun anggaran 2017-2020.

Jaksa juga telah melakukan pendalaman penyidikan dengan mengecek kondisi sejumlah alsintan yang ada di beberapa kecamatan di Abdya, Senin (23/10/2023) kemarin, dengan melibatkan para ahli yang berasal dari Universitas Teuku Umar, Meulaboh.

Kasi Intelijen Kejari Abdya, Joni Astriaman mengungkapkan, pengecekan ini dilakukan ke Gudang BBU Alue Peunawa di Kecamatan Babahrot, Gudang Kantor Penyuluh Pertanian Kecamatan Susoh, serta Gudang BBU Suak Labu di Kecamatan Tangan-tangan.

“Ada 39 unit traktor 4WD yang diperiksa bersama 19 alat pemanen (combine),” ujar Joni, Selasa (24/10/2023).

“Ini bagian dari pendalaman penyidikan terkait penyalahgunaan pengelolaan alsintan Dinas Pertanian Abdya tahun 2017-2020 oleh Unit Pengeloaan Jasa Alat dan Mesin Pertanian (UPJA) Harapan Rakyat,” bebernya.

Sejauh ini, lanjut Joni, Jaksa penyidik juga telah memeriksa sebanyak 32 orang saksi dalam mengusut kasus tersebut.

Shares: