News

Aksi satu jam bersihkan sampah, Pj Bupati Aceh Besar sasar Sibreh

Aksi satu jam bersihkan sampah, Pj Bupati Aceh Besar sasar Sibreh
Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, saat melakukan pembersihan pasar di Sibreh, Aceh Besar, Minggu (5/3/2023). FOTO : Humas Aceh Besar

POPULARITAS.COM – Aksi satu jam bersihkan sampah yang digagas Pj Bupati Muhammad Iswanto, kali ini menyasar kawasan perdagangan di Sibreh, Aceh Besar.

Kegiatan yang dilangsungkan, Minggu (5/3/2023) itu, Pj Bupati Aceh Besar menyusuri seluruh pasar yang ada di Sibreh, seperti pasar sayur, ikan, daging, dan termasuk pasar hewan.

Aksi tersebut juga diikuti oleh unsur TNI/Polri, dan para kepala satuan kerja perangkat kabupaten (SKPK) sekretariat daerah Aceh Besar.

Tak kurang 300 personil yang terlibat dalam aksi satu jam bersihkan kawasan perdagangan di Kecamatan Sibreh tersebut. Sementara saat kegiatan itu berlangsung, Pj Muhammad Iswanto terlihat memberikan komando para ASN, serta ikut terlibat langsung dan turun tangan memungut dan membersihkan sampah yang berserakan di pasar-pasar tersebut.

Selain itu juga, Pj Muhammad Iswanto turut membawa dua unit pemadam kebakaran. Saat di Pasar Sibreh, pria yang saat ini menjabat sebagai Kabag Protokol Pimpinan Setda Aceh itu, tak sungkan memegang selang dan menyemprotkan secara langsung bagian-bagian yang terlihat kotor di Pasar Hewan Sibreh.

Dalam kesempatan itu, selaku pimpinan di Aceh Besar saat ini, Ia juga mengajak keikutsertaan BUMN dan pihak swasta guna ikut serta dalam aksi satu jam membersihkan sampah.

Menurutnya, penting membangun kultur dan budaya bersih di daerah ini. Sebab, hal tersebut dapat kita wariskan kelak pada generasi mendatang.

“Jika budaya dan kultur bersih ini kita praktekkan setiap saat. Maka, generasi kedepan akan mewarisinya,” tukas Bang Wanto karib pria itu disapa.

Kepada para pedagang dan pelaku usaha, Pj Bupati juga ingatkan untuk senantiasa berperilaku bersih, dan secara bersama menjaga agar pasar sebagai tempat berusaha asri, bersih, dan nyaman.

Jika pasar bersih dan nyaman, maka hal tersebut secara langsung akan berdampak bagi para pedagang sendiri. Sebab, konsumen lebih suka berbelanja ditempat ini, tambahnya.

Dengan menjaga kebersihan pasar, pungkas Bang Wanto, harapan kita aktivitas jual beli semakin tinggi, dan secara langsung berdampak bagi meningkatnya ekonomi masyarakat di sekitar sini. (*)

Shares: