News

Alasan KPU Pilih Rektor Unsyiah Jadi Panelis Debat Cawapres

"Beliau sudah puluhan tahun giat dalam dunia pendidikan..."
Rumah dinas dosen yang ditertibkan akan dibangun kampus FKIP
Rektor Unsyiah Prof Dr Ir Samsul Rizal, M.Eng | unsyiah.ac.id

BANDA ACEH (popularitas.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah menetapkan tim panelis debat calon Wakil Presiden (Cawapres) di Pemilihan Presiden 2019. Salah satu panelis tersebut adalah Rektor Universitas Syiah Kuala, Prof Dr Ir Samsul Rizal, M.Eng.

Selain Samsul Rizal, KPU juga memilih sedikitnya tujuh hingga sembilan orang panelis lainnya yang bakal menyumbang pertanyaan di bidangnya masing-masing. Di antara mereka seperti Rektor Universitas Hasanuddin Dwia Aries Tina Pulubuhu, dan Direktur Eksekutif Migrant Care Anis Hidayah.

Panelis lainnya yang mengisi debat Cawapres pada Minggu 17 Maret 2019 ini yaitu budayawan Radhar Panca Dahana.

Debat ketiga nanti diikuti dua calon wakil presiden dengan tema terkait kesehatan, pendidikan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Debat cawapres berlangsung di The Sultan Hotel, Jakarta, yang dipandu oleh Alfito Deannova dan Putri Ayuningtyas sebagai moderator. Debat juga disiarkan langsung di Trans TV, Trans 7, dan CNN Indonesia TV.

“(Kami) akan mengumumkan panelisnya dari berbagai bidang, kesehatan, ketenagakerjaan, pendidikan, sosbud,” kata salah satu Komisioner KPU, Ilham Saputra seperti dilansir Tempo.co, Senin, 11 Maret 2019.

Kenapa Rektor Unsyiah?

KPU memiliki alasan tersendiri saat menetapkan para panelis dalam debat cawapres yang berlangsung pada 17 Maret nanti. Salah satu alasannya adalah karena track record para panelis yang dianggap mumpuni.

Kebijakan inilah yang membuat KPU turut memilih Rektor Unsyiah Prof Dr Ir Samsul Rizal M.Eng sebagai salah satu panelis di debat cawapres kali ini. “Beliau sudah puluhan tahun giat dalam dunia pendidikan. Saya kira sudah cukup memenuhi syarat untuk dijadikan panelis debat,” ungkap Ilham melalui aplikasi WhatsApp Messengger kepada popularitas.com, Selasa, 12 Maret 2019.

Dia juga membantah pemilihan Samsul Rizal sebagai panelis dikarenakan faktor kedekatan sosok yang bersangkutan, dengan salah satu kandidat presiden. “Panelis dipilih karena keahliannya,” kata Ilham lagi.(BNA)

Shares: