News

Amerika Serikat kirim kapal perang dan jet tempur dukung Israel perangi Hamas

Amerika Serikat kirim kapal perang dan jet tempur dukung Israel perangi Hamas
Kepala Pentagon: AS kirim kapal perang dan pesawat tempur ke Israel. FOTO : Xinhua News

POPULARITAS.COM – Amerika Serikat secara resmi, kirimkan kapal perang dan jet tempur guna mendukung Israel perangi Hamas.

Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd Austin, dalam keterangannya, Minggu (8/10/2023) dikutip dari Xinhua mengatakan, kapal perang dan jet tempur tersebut akan ditempatkan di wilayah Mediterania Timur.

Langkah tersebut, sebagai bentuk dukungan Amerika Serikat atas meningkatnya konflik antara pasukan Israel dan pejuang Hamas.

Austin mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dia telah mengarahkan pergerakan USS Gerald R. Ford Carrier Strike Group, yang terdiri dari sebuah kapal induk, sebuah kapal penjelajah berpeluru kendali, dan empat kapal perusak berpeluru kendali, ke Mediterania Timur.

Pentagon juga telah “mengambil langkah-langkah untuk menambah skuadron pesawat tempur F-35, F-15, F-16 dan A-10 Angkatan Udara AS di wilayah tersebut,” kata Menteri Pertahanan AS.

Dia menambahkan bahwa pemerintah AS “akan segera menyediakan peralatan dan sumber daya tambahan kepada Pasukan Pertahanan Israel, termasuk amunisi.”

Putaran pertama bantuan keamanan AS kepada Israel “akan mulai dilakukan” pada Minggu “dan tiba dalam beberapa hari mendatang,” kata Austin.

Keputusan Pentagon ini diambil ketika konflik antara Israel dan Palestina meningkat drastis pada Sabtu (7/10) setelah Hamas menembakkan ribuan roket ke Israel, menewaskan sedikitnya 600 warga Israel pada Minggu, menurut laporan media Israel yang mengutip pernyataan pejabat pemerintah.

Militer Israel merespons dengan serangan udara di Gaza, yang dikuasai Hamas, mengakibatkan sedikitnya 313 warga Palestina tewas, menurut Kementerian Kesehatan Palestina di Gaza.

Pada Minggu yang sama, Kabinet Keamanan Israel secara resmi mengumumkan bahwa “Israel sedang berperang,” dan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka akan melakukan “operasi militer yang signifikan” di Gaza dalam beberapa hari mendatang.

Editor : Hendro Saky

Shares: