News

Anggaran perjalanan Dinas Pertanian Pidie Tahun 2023 nyaris Rp 1 miliar

Kantor Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Pidie. Foto: Nurjahri/popularitas.com

POPULARITAS.COM – Dinas Pertanian dan Pangan (Distanpan) Kabupaten Pidie tahun 2023 sedikitnya mengelontorkan anggaran nyaris Rp 1 miliar untuk paket belanja perjalanan dinas.

Berdasarkan data yang dikumpulkan popularitas.com, total Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten (APBK) Pidie yang dibelanjakan Distanpan untuk biaya perjalanan tahun ini mencapai Rp 908.440.000.

Ada 21 peket kegiatan perjalanan dinas yang pelaksanaannya dilakukan secara swakelola, mulai dari katagori perjalanan dinas dalam kota hingga perjalanan luar kota. Semua biaya perjalanan dinas itu ditanggung belanja dinas.

Duit APBK Rp 1 M itu merupakan akumulasi dari 21 paket “belanja perjalan dinas biasa”, “belanja perjalanan dinas dalam kota” dan “perjalanan dinas dalam Negeri Aceh”.

Besaran anggaran 21 paket perjalanan dinas itu bervariasi, mulai yang terbesar senilai Rp 563.142.000, kemudian Rp 64.234.000, Rp 51.940.000 hingga yang terkecil Rp 1.100.000.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Pidie Hasbalah saat dikonfirmasi popularitas.com mengaku tidak mengetahui anggaran perjalanan dinas di Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) yang dipimpinnya itu.

Bahkan dia terkesan lepas tangan dengan meminta media ini untuk menanyakan langsung ke setiap bidang-bidang di SKPK tersebut ihkwal belanja perjalanan dinas tersebut.

“Tidak tau itu. Mana tau saya uang jalan itu. Tanyakan aja ke masing-masing bidang. Mana tau itu (anggaran perjalanan Dinas),” kata Hasbalah, Selasa (18/7/2023).

Padahal Hasbalah sendiri merupakan Kepala Dinas Pertanian atau Pengguna Anggaran (PA) di Organisasi Pemerintah Daerah tersebut.

Shares: