News

Anggota DPR RI Illiza serap aspirasi guru SLB Aceh Jaya

Anggota DPR RI Illiza serap aspirasi guru SLB Aceh Jaya
Anggota Komisi X DPR RI, Illiza Sa’aduddin Djamal saat mengunjungi SLB di Aceh Jaya, Sabtu (16/12/2023). Foto: dok. Illiza

POPULARITAS.COM – Anggota Komisi X DPR RI, Illiza Sa’aduddin Djamal mengaku prihatin dengan kondisi pendidikan anak-anak berkebutuhan khusus di Aceh Jaya.

Sekolah Luar Biasa (SLB) Aceh Jaya diketahui memiliki dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang minim.

SLB Aceh Jaya membutuhkan transportasi penjemputan siswa karena jarak tempuh sejumlah siswa ke sekolah sangat jauh.

“Apalagi SLB satu-satunya di Aceh Jaya, jadi adanya bus sangat dibutuhkan,” kata Illiza saat mengunjungi SLB Aceh Jaya, Sabtu (16/12/2023).

Ia bersama pemerintah pusat dan pemerintah daerah, akan mencarikan solusi agar ada kebijakan khusus untuk membolehkan penganggaran untuk SLB.

“Apalagi kebanyakan dari siswa tersebut berasal dari keluarga tidak mampu dan tidak memiliki kendaraan pribadi, sehingga sulit menjangkau ke sekolah yang lokasinya lumayan jauh,” ucapnya.

Kata Illiza, rata-rata keluarga harus mengeluarkan biaya minimal Rp200 ribu perhari untuk mengantarkan anak ke sekolah.

“Sementara anggaran yang sangat terbatas yang dimiliki sekolah,” tuturnya.

Dalam kunjungannya ke Aceh Jaya, Illiza juga menyerap aspirasi dari guru. Seorang guru yang ditemui di SLB mengeluhkan soal tidak adanya formasi sesuai dengan ijazah mereka, dalam perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Menurut Illiza, harusnya guru SLB mendapat kebijakan khusus karena tugas yang digeluti pengajar SLB ini tidak semua orang paham.

“Menjadi guru di sini juga harus memiliki kesabaran yang ekstra, memiliki keterampilan, ketekunan karena beragamnya jenis siswa difabel dan guru juga harus bisa menyesuaikan,” imbuhnya.

Shares: