Anggota DPR RI Irmawan, tunaikan janji perjuangankan jembatan gantung Gampong Siron

POPULARITAS.COM – Sudah lebih dari dua tahun warga di Gampong Siron, Kuta Cot Glie, Aceh Besar, kesulitan akses transportasi sebagai akibat rubuhnya jembatan di daerah itu.

Gampong yang terdiri dari beberapa dusun itu, membentang aliran Sungai Siron, yang memisahkan 100 KK atau 320 penduduk yang mendiami daerah tersebut.

Sebelumnya, terdapat jembatan gantung sepanjang 80 meter yang menghubungkan Dusun Cut dan Dusun Blang di gampong itu. Namun, banjir yang menghantam kawasan itu November 2016, menghancurkan sebagian besar jembatan penghubung itu, dan rusak parah.

Dampak kerusakan jembatan itu, pelajar di daerah itu memilih tidak sekolah, dan atau memilih jalan alternatif yang jarak tempunya belasan kilometer untuk mencapai fasilitas pendidikan.

Anggota DPR RI dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), tergerak hatinya untuk melihat penderitaan warga Siron akibat rusaknya jembatan penyebrangan. Pada Januari 2021, Ia berkunjung ke kawasan itu, guna melihat kondisi kerusakan jembatan gantung. Kepada warga di daerah itu, Irmawan menjanjikan akan perjuangankan jembatan baru untuk masyarakat di Gampong Siron. 

“Harus ada jembatan baru, sebagai pengganti jembatan gantung yang rusak parah ini,” kata Irmawan, saat berkunjung ke daerah itu, 18 Januari 2021.

 

Pj Bupati Aceh Besar resmikan jembatan gantung Gampong Siron diresmikan

Janji Irmawan Ia tunaikan, Kamis (11/1/2023), politisi PKB itu, bersama Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, resmikan jembatan baru pengganti jembatan rusak di Gampong Siron.

Saat meresmikan jembatan gantung itu, Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, ajak masyarakat di daerah ini untuk selalu bersyukur atas berbagai nikmat pembangunan yang dirasakan. Wujudnya, yakni dengan menjaga, dan merawat pembangunan yang ada, tambahnya.

Jembatan Gantung Siron dibangun Balai Pembangunan Jalan Nasional Aceh melalui aspirasi Anggota DPR RI asal Aceh, Irmawan. Jembatan dengan panjang 120 meter dan lebar 1,8 meter tersebut menghabiskan dana sebesar Rp 4,4 miliar tahun anggaran 2022.

Anggota DPR RI Fraksi PKB Irmawan, dan Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, foto bersama dengan murid sekolah Gampong Siron, saat peresmian jembatan gantung di daerah itu, Rabu (11/1/2022). FOTO : Humas Aceh Besar

Dalam kesempatan tersebut, Pj Bupati Iswanto menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Irmawan yang telah mengisi pembangunan di Aceh Besar. Ia berharap, politisi PKB tersebut dapat terus memberikan berbagai program pembangunan untuk Aceh Besar.

“Dengan adanya jembatan ini, akses masyarakat antar gampong untuk aktivitas pendidikan, kesehatan dan ekonomi dapat lebih cepat dan mudah,” ujar Iswanto.

Sementara itu, Anggota DPR RI asal Aceh, Irmawan, mengatakan, pembangunan jembatan gantung tersebut diperjuangkan pihaknya setelah melihat sejumlah aktivitas warga dan anak sekolah yang harus menyebrangi sungai menggunakan rakit beberapa tahun lalu.

“Kami merasa terpanggil untuk membangun Aceh Besar, karena menjadi anggota DPR RI hari ini tidak terlepas dari dukungan masyarakat Aceh Besar,” ujar Irmawan.

Dalam kesempatan itu, Irmawan juga berpesan kepada Keusyik Gampong Siron Blang dan Siron Krueng agar mensosialisasikan kepada masyarakat untuk menjaga dan merawat jembatan tersebut, sehingga dapat selalu bertahan dan digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Comments
Loading...