News

Angka Kesembuhan Pasien Covid-19 di Aceh Capai 60,39 Persen

Aceh Tengah kembali ditetapkan zona merah penyebaran covid-19
uru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani (SAG)

POPULARITAS.COM – Pasien terkonfirmasi virus corona (Covid-19) yang sudah sembuh sebanyak 3.057 orang dari akumulasi 5.062 kasus konfirmasi, sejak kasus pertama dilaporkan di Aceh pada 27 Maret 2020. Angka kesembuhan mencapai 60,39%.

Sementara yang sembuh dilaporkan  bertambah  58 orang dan konfirmasi baru 70 orang. Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani yang akrab disapa SAG menyebutkan angka kesembuhan (recovery rate) akan terus meningkat sejalan dengan sembuhnya pasien dalam perawatan saat ini, sebanyak 1.806 orang.

“Penderita yang dirawat di rumah sakit rujukan maupun di RSUD kabupaten/kota saat ini sebanyak 267 orang. Sedangkan yang lainnya Orang Tanpa Gejala (OTG), yang melakukan isolasi mandiri,” tutur SAG, Senin (5/10/2020).

Ia menjelaskan, kasus konfirmasi asimtomatik atau OTG melakukan isolasi mandiri secara ketat dan disiplin, sesuai Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Covid-19, Kementerian Kesehatan RI, Revisi ke-5. Keluarga, tetangga, kerabat, dan masyarakat sekitar, hendaknya  mendukung proses isolasi mandiri tersebut.

Pada sisi yang lain, lanjut SAG, apabila ada OTG berkeliaran wajib diingatkan secara sopan agar tidak menularkan virus corona kepada orang lain. Fenomena OTG yang banyak itu kian  penting menjaga jarak dan memakai masker setiap berinteraksi dengan orang lain, meski dengan teman akrab sekali pun.

“OTG sulit dikenal secara fisik karena tidak menunjukkan gejala demam, batuk atau gejala khas covid lainnya. Lebih baik mewaspadai dan menjaga jarak dengan semua orang,” kata SAG mengingatkan.

Lebih lanjutnya ia laporkan, dengan penambahan 70 kasus baru, secara akumulasi jumlah korban virus corona di Aceh sudah mencapai 5.062  orang. Rinciannya, 1.806 orang dirawat di rumah sakit atau diisolasi di rumah, 3.057 orang dinyatakan sembuh, 199 orang meninggal dunia.

Editor: dani

Shares: