News

ASDP Tambah Rute Penyeberangan Banda Aceh-Sabang

Kepala Pelabuhan Ulee Lheue: Surat Wajib Swab Test Batal, Hanya Baru Konsultasi
Dokumentasi - Kapal KMP BRR lepas berlayar dari Pelabuhan Ulee-lheue Banda Aceh tujuan Pelabuhan Balohan, Sabang, Minggu (2/6). (ANTARA / Irwansyah Putra)

BANDA ACEH (popularitas.com) – PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Persero menambah rute penyeberangan Banda Aceh tujuan Sabang dan sebaliknya, dari tiga trip menjadi empat trip per hari karena lonjakan penumpang liburan akhir tahun 2019.

“Kita penambahan jadwal trip penyeberangan ini mulai 21 Desember lalu, jadi tiga trip menjadi empat trip,” kata Plt Kepala Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh Sayed Syahrul di Banda Aceh, Senin, 23 Desember 2019.

Dia menjelaskan penambahan trip tersebut lantaran lonjakan penumpang yang ingin berlibur akhir tahun di Pulau Weh tersebut. Penambahan trip ini diprediksikan hingga tujuh hari setelah momentum pergantian tahun.

“Penambahan trip penyeberangan ini kita prediksikan hingga sampai tanggal 5 Januari 2020, saat arus balik,” katanya.

Dia menyebutkan dalam beberapa hari ini kondisi pelabuhan dipadati dengan antrean kendaraan roda dua maupun roda empat. Bahkan sejumlah penumpang memilih menitipkan kenderaannya di jasa penitipan pelabuhan lantaran tidak sanggup mengantre.

Ia mencontohkan seperti kapal lambat KMP BRR, dengan kapasitas penumpang 400 orang dan serta kenderaan sekitar 100 unit, akhir-akhir ini penuh. Begitu juga dengan kapal cepat Express Bahari dan Express Cantika.

“Lonjakan penumpang kita perkirakan sekitar 30 persen, tidak sangat signifikan,” katanya.

Jadwal kapal lambat dari Sabang trip pertama pukul 07.30 WIB kapal, trip kedua pukul 10.00 WIB, trip ketiga pada pukul 13.30 WIB, dan trip keempat pukul 16.00 WIB.

Sementara dari Banda Aceh trip pertama pada pukul 07.30 WIB, trip kedua pukul 10.00 WIB, trip ketiga pukul 13.30 WIB, serta trip keempat 16.00 WIB.

Kemudian untuk rute kapal cepat jadwal penyeberangan dari Sabang ke Banda Aceh trip pertama pukul 08.00 WIB, trip kedua 14.30 WIB, dan trip ketiga 16.00 WIB.

Sedangkan rute Banda Aceh Sabang trip pertama 08.00 WIB, trip kedua pukul 09.00 WIB, trip ketiga pukul 10.00 WIB dan trip keempat pukul 16.00 WIB.

“Sewaktu-waktu jadwal dapat berubah tergantung kondisi cuaca di lapangan,” kata dia.* (ANT)

Shares: