NewsSyariat Islam

Awal Ramadhan 1445 hijriah, ditetapkan 11 Maret 2024 oleh Muhammadiyah

Awal Ramadhan 1445 hijriah, ditetapkan 11 Maret 2024 oleh Muhammadiyah
FOTO : ilustrasi

POPULARITAS.COM – Muhammadiyah resmi menetapkan awal ramadhan 1445 hijriah, akan jatuh pada tanggal 11 Maret 2024. Penetapan tersebut, diputuskan oleh organisasi didasarkan pada hasil maklumat hisab yang dilakukan.

Pernyataan itu, disampaikan oleh Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah, Prof Haedar Nasir, dalam keterangannya, Sabtu (20/1/2024) di Jakarta.

“Berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani PP Muhammadiyah, awal puasa Ramadan tahun ini jatuh pada Senin, 11 Maret 2024 dan Idulfitri, Rabu, 10 April 2024,” kata Prof Haedar Nashir dikutip dari beritasatu.com-jaringan popularitas.com

Prof Haedar mengatakan bagi kaum Muslimin, khususnya warga Muhammadiyah dan yang mengikuti pedoman hisab wudul hilal dan yang meyakininya, agar dapat melaksanakan ibadah puasa sebagaimana yang dimaklumatkan PP

Haedar berpesan kepada warga Muhammadiyah maupun kaum Muslimin untuk menyikapi dengan toleransi apabila nanti ada perbedaan awal Ramadan dan ada kesamaan Idulfitri.

Baik dalam persamaan maupun perbedaan, Prof Haedar mengajak umat Islam memaknai puasa Ramadan dan Idulfitri untuk melahirkan penghayatan keislaman yang lebih baik. “Kalau berbeda tak perlu ribut, termasuk di media sosial. Apalagi saling menghujat dan menyalahkan, yang membuat nilai ibadah semakin berkurang,” ujar Prof Haedar.

Selain itu, pada Ramadan kali ini, Prof Haedar juga mengajak umat Islam untuk memperkaya spritualitas, kesalehan, memperkaya relasi hubungan sosial yang damai, toleransi dan bersatu dalam keragaman, serta membawa umat dan bangsa semakin berkemajuan.

Shares: