Headline

Banda Aceh Mendung, Simeulue Hujan Deras di Hari Pertama Idul Fitri

Ilustrasi: Suasana shalat Hari Raya Idul Fitri 1440 H, Jamaah Tarikat Syattariyah di Aceh, Senin 3 Juni 2019. (IST)

BANDA ACEH (popularitas.com) –Cuaca yang bersahabat membuat Shalat Id Idul Fitri di Banda Aceh dan Aceh Besar berlangsung hikmah, baik yang menggelar di masjid-masjid maupun di lapangan-lapangan terbuka. Berbeda dengan di Kabupaten Simeulue, daerah kepulauan itu dilanda hujan deras sepanjang malam hingga siang harinya.

Sehingga suasan hari pertama lebaran di pulau penghasil cengkeh tersebut menjadi tidak begitu meriah. Selain jadwal shalat Id Idul Fitri menjadi terlambat, tidak sedikit warga yang tidak bisa datang melaksanakan shalat Id Idul Fitri karena jalan menuju masjid-masjid di desa merera digenangi air.

“Suasana lebaran di Simeulue dalam keadaan hujan,” kata Ali Jasman (55), salah seorang warga Desa Babul Makmur, Kecamatan Simeulue Barat, Simeulue, Rabu 5 Juni 2019.

Cuaca hujan, katanya, membuat kemeriahan menyambut lebaran sedikit terganggu, meski silaturahmi antar sanak famili tetap berlangsung. “Jalan-jalan digenangi air sehingga banyak masyarakat memilih berdiam di rumah saja. Hanya mengunjungi rumah sanak famili yang dekat-dekat rumah saja untuk hari ini,” ujarnya.

Berbeda dengan di Banda Aceh, Aceh Besar dan sekitarnya. Cuaca pada hari pertama lebaran tampak sangat bersahaja, tidak begitu panas juga tidak hujan (mendung). Aktivitas masyarakat untuk bersilaturahmi ke rumah-rumah sanak famili menjadi tidak terganggu.

Pantauan popularitas.com, sebagian desa yang melaksanakan shalat Id Idul Fitri di lapangan terbuka dapat terlaksana dengan baik, seperti di Gampong Lambhuk, Kota Banda Aceh. Masyarakat di desa tersebut melaksanakan shalat Id di Lapangan Mini Gampong Lambhuk.

Hal sama juga pada pelaksanaan shalat Id oleh masyarakat sekitar kampus Unsyiah dan UIN Ar-raniry di Lapangan Tugu Darussalam. Sedangkan di Kota Banda Aceh, pelaksanaan Shalat Id Idul Fitri berlangsung di Masjid Raya Baiturahman. (RED)

Shares: