News

Banda Aceh Segera Bangun Gedung Perpustakaan Modern

Banda Aceh Segera Bangun Gedung Perpustakaan Modern. (ist)

POPULARITAS.COM – Pemerintah Kota Banda Aceh tengah pembangunan gedung layanan Perpustakaan Daerah yang modern dan representatif di kawasan Gampong Keudah.

Hal itu dilakukan guna mendorong pengembangan budaya literasi di tengah-tengah masyarakat. Menurutnya, gedung layanan perpustakaan tersebut dibangun dengan arsitektur bergaya modern dengan sentuhan tradisional Aceh.

“Gedungnya terdiri dari empat lantai yang setiap lantainya didesain secara modern serta nantinya akan difasilitasi dengan pustaka digital. Dan bisa diakses dengan mudah oleh para pengunjung,” kata Aminullah dalam keterangannya, Senin (23/8/2021).

Ia juga memproyeksikan gedung layanan pustaka itu sebagai destinasi wisata literasi baru bagi warga maupun wisatawan yang berkunjung ke Banda Aceh.

“Nantinya bagi warga yang berwisata ke Banda Aceh, selain berburu kuliner, belanja atau berswapoto, juga bisa mengisi liburannya dengan berkunjung ke gedung layanan pustaka ini,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPRK Banda Aceh Farid Nyak Umar berharap Banda Aceh dapat segera memiliki perpustakaan representatif dan modern yang menjadi rujukan bagi daerah lain di Aceh.

Dengan begitu akan semakin menegaskan Banda Aceh sebagai etalase literasi digital di Aceh.

“Kami juga berharap agar perpustakaan Kota Banda Aceh ke depan juga bisa menerbitkan dan mencetak buku-buku yang ditulis oleh masyarakat Banda Aceh,” tuturnya.

Kata dia, diperlukan pengaturan yang lebih spesifik dalam bentuk qanun mengenai penyelenggaraan perpustakaan di Banda Aceh.

“Dengan adanya qanun tersebut, nantinya pemko dapat menyediakan pelayanan perpustakaan kepada masyarakat secara cepat dan tepat,” pungkasnya.

Shares: