News

Banjir di Aceh Tenggara Meluas, Ratusan Warga Terdampak

Banjir rendam dua Kecamatan di Aceh Utara
ilustrasi, banjir. (Foto: BPBA)

POPULARITAS.COM – Banjir yang menerjang Kabupaten Aceh Tenggara meluas menjadi 12 desa di empat kecamatan kabupaten tersebut. Banjir ini mengakibatkan 332 jiwa dari 91 keluarga ikut terdampak.

“331 jiwa dari 91 keluarga terdampak dari banjir ini dan sebagian warga terdampak mengungsi ke rumah saudara terdekat,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (Kalak BPBA), Ilyas dalam keterangannya, Senin (16/8/2021).

Ilyas menyebutkan, 12 desa yang terdampak banjir adalah di Kecamatan Deleng Pokhkison masing-masing Desa Penampakan, Gusung Batu, Tualang Lama, dan Kute Genting.

Baca: Sungai Kali Bulan Meluap, Sejumlah Desa di Aceh Tenggara Diterjang Banjir

Lalu, di Kecamatan Babussalam masing-masing Desa Batu Mbulan Sepakat, Batu Mbulan Asli, Gumpang Jaya. Kecamatan Bambel masing-masing Desa Bambel, Bambel Gabungan, Terutung Seperai, dan Biak Muli Gabungan.

“Sedangkan Kecamatan Lawe Bulan banjir terjadi di Desa Pulonas Baru,” sebut Ilyas.

Ilyas mengatakan, banjir tersebut terjadi akibat akibat hujan dengan intensitas tinggi melanda wilayah Aceh Tenggara sejak kemarin, sehingga mengakibatkan meluapnya sungai Kali Bulan dan jebolnya tanggul sungai di beberapa desa.

Akibat banjir tersebut, lanjut Ilyas, rumah warga ikut terendam dan tanggul di beberapa desa jebol dihantam arus. Hingga saat ini, tanggul tersebut belum tertangani.

“Hingga hari ini pukul 11.10 WIB, air masih belum surut,” jelas Ilyas.

Editor: dani

Shares: