News

Banjir kepung tujuh kecamatan di Aceh Utara

Banjir kepung tujuh kecamatan di Aceh Utara
Banjir kepung tujuh kecamatan di Aceh Utara
Kondisi banjir genangi rumah warga di Aceh Utara, Rabu (5/10/2022). Foto: Ist

POPULARITAS.COM – Akibat intensitas hujan tinggi yang mengguyur Kabupaten Aceh Utara dan sekitarnya menyebabkan banjir landa tujuh kecamatan dalam wilayah tersebut.

Kalaksa BPBD Aceh Utara, Asnawi mengatakan banjir tersebut terjadi karena meluapnya aliran sungai Krueng Keuruto dan Krueng Pirak sehingga menyebabkan tujuh kecamatan tersebut tergenang banjir.

“Banjirnya meliputi daerah Kecamatan Matangkuli, Pirak Timu, Tanah Luas, Cot Girek, Samudera, Lhoksukon dan Nisam,” kata Asnawi pada Rabu (5/10/2022).

Sehari sebelumnya, kata dia, air hanya melewati badan jalan dan memasuki permukiman warga di Kecamatan Matangkuli dan kecamatan Pirak Timu dengan ketinggian air berkisar 10 hingga 150 cm.

Lalu, akibat bertambahnya debit air hujan pada Rabu (5/10/2022) banjir meluas hingga ke Kecamatan Cot Girek, Tanah Luas, Samudera dan Nisam.

“Saat ini sedang dalam pemantauan situasi dil apangan melalui BPBD Aceh Utara, Rescue, Satgas SAR Aceh Utara, pemadam kebakaran, TNI, Polri dan relawan bencana untuk pendataan kebutuhan dasar korban bencana alam dan memberikan sosialisasi penyelamatan mandiri dalam penanganan bencana,” ucapnya.

Shares: