EkonomiNews

Bank Kepri Syariah salurkan Rp19 miliar pinjaman tanpa bunga bagi pelaku UMKM

Bank Kepri telah menyalurkan pinjaman tanpa bunga senilai Rp19 miliar sepanjang 2022. Bantuan tersebut diperuntukan bagi 2 ribu pelaku UMKM di daerah tersebut.
https://popularitas.com/berita/bank-kepri-syariah-salurkan-rp19-miliar-pinjaman-tanpa-bunga-bagi-pelaku-umkm/
Ilustrasi UMKM Expo. Foto: Ist

POPULARITAS.COMBank Kepri Syariah telah menyalurkan pinjaman tanpa bunga senilai Rp19 miliar sepanjang 2022. Bantuan tersebut diperuntukan bagi 2 ribu pelaku UMKM di daerah tersebut.

Gubernur Kepri Ashar Ahmad, dalam keterangannya, Sabtu (21/1/2023) di Pangkal Pinang, menerangkan, sebenarnya pihaknya meminta bank daerah untuk siapkan Rp40 miliar guna bantu pelaku UMKM. Namun, selama 2022 hanya bisa terserap Rp19 miliar.

“Tahun ini, program itu tetap dilaksanakan dengan target 1.000 pelaku UMKM. Pemerintah daerah yang menanggung bunga bank,” ujarnya.

Ansar minta dinas terkait dan pihak bank menyosialisasikan program itu sampai ke pulau-pulau. “Pelaku UMKM di pulau-pulau perlu mengetahui program ini,” ucapnya.

Ketua Komisi II DPRD Kepri Wahyu Wahyudin mengatakan program tersebut dibutuhkan bagi pelaku UMKM selama pandemi COVID-19. Pinjaman tanpa bunga merupakan stimulus bagi pelaku UMKM untul mengembangkan usahanya.

Dana pinjaman yang terserap tidak maksimal, menurut dia, disebabkan kurang tersosialisasi. Kemungkinan, hanya sejumlah pelaku UMKM yang mengetahui program tersebut.

“Beberapa pelaku UMKM juga kesulitan memenuhi syarat peminjaman uang dari bank itu. Kami berharap agar dipermudah,” ucapnya.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kepri Agusnawarman mengklaim program itu berjalan maksimal. Tahap awal pelaksanaan program itu mendapatkan sambutan positif dari pelaku UMKM. “Kami berharap tahun ini pelaku UMKM semakin banyak yang memanfaatkan program tersebut,” katanya. 

 

Editor : Hendro Saky

Shares: