News

Bantuan udara Amerika Serikat, parasut tak mengembang, lima warga Palestina tewas

Bantuan udara Amerika Serikat, parasut tak mengembang, lima warga Palestina tewas
Ilustrasi pesawat menerjunkan bantuan kemanusiaan via udara. (ANTARA/Anadolu.)

POPULARITAS.COM – Bantuan kemanusiaan yang dikirimkan Amerika Serikat dan Yordania ke Gaza Palestina, sebabkan lima warga setempat meninggal dunia dan 10 lainnya terluka. Hal tersebut akibat dari tidak mengembangnya parasut saat bantuan diluncurkan dari Udara.

Hal tersebut dilaporkan petugas medis di rumah sakit terbesar di Gaza, Jumat (8/3/2024).

Kepala perawat ruang IGD Rumah Sakit Al-Shifa, Mohammed al-Sheikh mengatakan hal tersebut saat para korban berdatangan ke fasilitas medis itu. Ia mengatakan, insiden bantuan udara yang mematikan ini terjadi di sebelah utara dari kamp pengungsi di pesisir Al-Shati.

Seorang saksi dari kamp mengatakan, dia dan saudaranya mengikuti bantuan yang diikat dengan tali parasut tersebut dengan harapan mendapatkan sekantong tepung.

Namun tiba-tiba parasutnya tak terbuka dan jatuh seperti roket ke atap salam satu rumah. “Sekitar 10 menit kemudian saya melihat orang-orang memindahkan tiga orang syuhada (meninggal), dan lainnya yang terluka, yang tinggal di atap rumah tempat paket bantuan jatuh,” kata Mohammed al-Ghoul (50).

Pihak Amerika Serikat dan Yordania, termasuk di antara negara-negara yang melakukan pengiriman bantuan udara di Gaza utara, tempat ratusan ribu warga Palestina menghadapi kondisi yang mengerikan setelah lebih dari lima bulan perang.

Kantor media pemerintah Gaza yang dikuasai milisi Hamas, pada Jumat mengatakan, bantuan udara adalah hal yang sia-sia, dan bukan cara terbaik untuk memberi kepada warga Palestina. Hal ini tampaknya mengacu, pada korban tewas dari bantuan udara.

PBB mengatakan pengiriman bantuan lewat udara atau usulan koridor bantuan maritim tidak bisa menggantikan pengiriman darat. Badan dunia itu mendesak agar lebih banyak truk diizinkan mencapai Gaza melalui penyeberangan perbatasan.

Shares: