News

Banyak Terserang Penyakit, Posko Induk Kesehatan Didirikan di Lhoksukon

Posko kesehatan yang terlatak di Kota Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara, untuk menangani pasien pasca banjir. (Popularitas.com/ Rizkita)

Petugas Denkesyah IM 0401 dan Kesrem TNI-AD TK IV Lhokseumawe, mendirikan posko kesehatan utama di Kota Lhoksukon, Aceh Utara, untuk memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat yang diserang penyakit pasca bencana banjir beberapa waktu lalu.

Salah seorang dokter Rumah Sakit Kesrem Lhokseumawe, Dr Letnan satu Tomi Atmadirja kepada Popularitas.com Rabu (9/12/2020) mengatakan, selain menyediakan obat-obatan di posko tersebut juga menyediakan dua unit ambulance untuk menjemput pasien yang dianggap sakit parah.

“Kami infokan kepada korban banjir setempat yang dapat mengakses ke posko diharapkan bisa segera konsultasi terkait kesehatannya, yang didirikan di dekan jembatan Kota Lhoksukon. Diharapkan juga apabila ada pasien yang perlu dijemput segera melapor agar kita jemput ke lokasi,” ujar Dr Letnan satu Tomi Atmadirja.

Sesuai data di lokasi kata Tomi, pasca banjir banyak sekali masyarakat mengeluhkan penyakit gata-gatal, kutu air, luka benturan bahkan diare, terhitung dalam sehari saja jumlah pasien mencapai 100 pasien.

“Untuk umur pasien  yang berobat bervariatif, banyak dari pasien yang berobat usia rentan atau lansia, pada umumnya mereka diserang penyakit gatal- gatal dan demam, hal itu di sebabkan faktor cuaca serta genangan air bajir,” paparnya.

Lanjutnya, berobat gratis ini akan terus berjalan hingga kondisi banjir di Kabupaten Aceh Utara sudah benar- banar kondusif, pihaknya juga mengataka jumlah stok obat saat ini masih aman artinya tidak kekurangan.

“Selain posko kesehatan, dititik ini juga didirikan dapur umum yang sudah di sediakan olah personil TNI, sedangkan petugas medis yang ditugaskan terdiri dari, dua dokter umum, satu apoteker serta tujuh para perawat,” pungkasnya.

Editor: dani

Shares: