Barongsai akan hibur warga saat Imlek 2023 di Banda Aceh

POPULARITAS.COM – Jelang perayaan Imlek 2023, Grup Golden Dragon Barongsai dan Liong terus berlatih secara rutin, guna mempersiapkan tahun baru Imlek yang diperingati pada 22 Januari mendatang.

Grup Barongsai Golden Dragon binaan Yayasan Hakka Aceh ini menjadi salah satu grup barongsai di daerah ujung barat Sumatra yang telah malang melintang di beberapa kejuaraan nasional.

Seperti diketahui barongsai dengan semua atraksinya serta tarian naga atau Liang Liong merupakan hiburan yang tidak terpisahkan dalam momen perayaan Imlek.

Kala dikunjungi popularitas, pada Selasa (17/1/2023) sore, grup barongsai tengah sibuk dengan kegiatannya masing-masing.

Remaja laki-laki itu dengan penuh energik menggebuk tambur dengan dua stik tebal yang berada di tangannya.

Sesekali ia menoleh ke kiri dan ke kanan. Serta di sekelilingnya remaja laki-laki dan perempuan lainnya juga sibuk menepuk dua piringan besar yang mengeluarkan bunyi nyaring.

Pelatih Barongsai Golden Dragon Aceh, Harianto atau yang akrab disapa Koh Acong menyampaikan, pihaknya selalu menyelenggarakan latihan rutin. Di mana mereka kerap latihan saat sore dan malam hari.

Saat pandemi Covid-19 mewabah memaksa beberapa kali momen Imlek tidak diwarnai aksi barongsai. Kini pandemi sudah makin melandai dan terkendali, barongsai siap kembali menghibur masyarakat di momen Imlek.

“Saya rasa tahun ini akan lebih heboh dan lebih meriah,” kata Koh Acong kepada popularitas.com, Selasa (17/1/2023).

Memanfaatkan 26 personel yang terdiri dari 10 perempuan dan 16 laki-laki berusia dari 15 hingga 24 tahun, grup Barongsai Golden Dragon ini terus giat dan semangat agar dapat memberikan penampilan terbaik pada tahun kelinci ini.

“Nanti akan dibagi dalam enam tim barongsai, dan juga terdapat dua barongsai perempuan,” ujar Koh Acong.

Katanya, pada hari Imlek yang jatuh pada 22 Januari nanti, mereka akan menampilkan barongsai tonggak di seputaran jalan Vihara Buddha Sakyamuni.

Bahkan katanya, untuk menampilkan kesan lebih menarik akan ada parade perpaduan budaya Tionghoa. Di mana mereka akan menampilkan baju-baju karakter kaisar, ratu, dewa rezeki dalam lain sebagainya.

“Kita akan menghampiri rumah warga sebagai sebuah penghormatan atau dalam istilah Imlek untuk membersihkan rumah agar rezeki kedepan lebih bertambah,” ungkapnya.

Nantinya, lanjut Koh Acong, perayaan Imlek dengan Barongsai akan dimulai dari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Comments
Loading...