FeatureNews

Beasiswa untuk Murziana dari Semen Andalas

Beasiswa untuk Murziana dari Semen Andalas
Pj Bupati Aceh Besar, Bapak Muhammad Iswanto, S.STP., MM., menyerahkan beasiswa Semen Andalas 2023 secara simbolis kepada perwakilan mahasiswi di Andalas Hall, Senin (17/7/2023) di Aceh Besar. FOTO : Humas PT SBA

POPULARITAS.COM – Senin (17/7/2023), Murziana (19), berdiri diantara diatas panggung. Dia mengenakan jilbab kream bercorak bunga ungu dan baju lengah panjang yang warnanya senada dengan penutup kepala yang Ia pakai.

Hari itu, Murziana mendapatkan beasiswa dari PT Solusi Bangun Andalas (PT SBA) untuk tahun 2023. Bantuan pendidikan dari perusahaan semen itu, sudah Ia terima sejuak dirinya duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Murziana pelajar cerdas dan tangguh, berkat beasiswa yang Ia terima saban tahun dari PT SBA, kini Ia berhasil ngenyam pendidikan di Jurusan Sipil Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala (USK).

Menurutnya, program beasiswa PT SBA, proses seleksinya sangat transparan dan dilakukan oleh lembaga yang kredibel dan independen. Karna itu, setiap tahunnya, Ia selalu ikut tes jika perusahaan tersebut membuka kesempatan beasiswa bagi pelajar dan mahasiswa.

Beasiswa yang diberikan PT SBA sangat membantu dirinya, baik itu menunjang kegiatan belajar, serta membeli perlengkapan dan kebutuhan kuliah di USK, seperti buku dan hal lainnya.

Untuk beasiswa tahun 2023 yang barusan Ia peroleh, Murziana menuturkan, akan menggunakannya untuk mendukung kegiatan praktek KKN yang tengah Ia jalani.

“Mewakili pelajar dan mahasiswa, saya mengucapkan terimakasih kepada PT SBA,” ungkapnya.

Mahasiswa yang berasal dari Gampong Lamgaboh, Lhoknga itu, tak kuasa menahan haru dan rasa senang dan bahagianya. Kala, Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, berikan secara simbolis beasiswa untuk dirinya lanjutkan pendidikan di USK.

Harapannya perempuan itu, dirinya berhasil menuntaskan pendidikan di USK hingga raih gelar sarjana dan kemudian dapat bekerja atau membuka usaha guna membantu perekonomian keluarga.

Murziana bukanlah satu-satunya mahasiswa dan pelajar di Aceh Besar yang mendapatkan beasiswa dari PT SBA. Sejak program bantuan pendidikan digulirkan oleh perusahaan semen itu sebagai pilar pembangunan sosial, sudah 4.500 pelajar dan mahasiswa di daerah itu yang peroleh beasiswa.

General Manager PT SBA Mochammad Anwar Bakti, saat pemberian beasiswa yang dilangsungkan di Hall perusahaan itu menerangkan, untuk tahun 2023, jumlah beasiswa yang disalurkan bagi 400 pelajar dan mahasiswa.

Secarar total, sejak program ini digulirkan pada 2012, sudah 4.500 pelajar dan mahasiswa yang mendapatkan beasiswa dari PT SBA. Kedepannya, jumlah penerima akan terus ditingkatkan sejalan dengan visi dan semangat perusahaan dalam ikut serta dalam pendidikan masyarakat di Aceh Besar.

Hadir dalam pemberian beasiswa untuk tahun 2023 yang dilakukan oleh PT SBA, diantaranya Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, Camat Lhoknga, Plt Kadisdikbud Agus Jumaidi, Kapolsek, dan para unsur tokoh mukim dan masyarakat Lhoknga.

Mochammad Anwar Bakti melanjutkan, antusiasme masyarakat Aceh Besar untuk ikut serta dalam program beasiswa yang diluncurkan perusahaannya sangat tinggi. Hal itu terlihat dari tahun ke tahun jumlah pendaftar terus alami peningkatan yang signifikan.

Di tahun 2023, ujarnya, sebanyak 1.386 orang yang mendaftar, jumlah itu meningkatkan 27 persen dibandingkan tahun 2022 yang mencapai 1.095 orang. Program beasiswa yang diberikan pihaknya, khusus menyasar para pelajar dan mahasiswa di Kecamatan Lhoknga dan Leupung. “Prosesnya seleksinya transparan,” katanya.

PT SBA sendiri, terus berkomitmen untuk menjalankan program ini secara berkelanjutan. Langkah itu sebagai bagian dari pilar penting perusahaan dalam ikut serta membantu pemerinta daerah dalam menyukseskan pendidikan di Aceh Besar.

Harapan terbesar kami, tukasnya, para pelajar dan mahasiswa yang menerima beasiswa dari PT SBA, dapat menggunakan dana pendidikan tersebut untuk mencapai cita-cita yang ingin dicapai. Sehingga, kelak ketika selesai menempuh pendidikan, dapat miliki keahliannya dan membangun daerah asalnya.

Untuk tahun 2023, PTS SBA salurkan beasiswa kepada 400 pelajar dan mahasiswa, yang terdiri atas, 125 siswa SMP atau sederajat, 125 siswa SMA atau sederajat, 100 mahasiswa, serta 50 santri Dayah Salafiyah, yang semuanya berasal dari Kecamatan Lhoknga dan Kecamatan Leupung, Kabupaten Aceh Besar.

Sementara itu, Pj Bupati Aceh Besar yang hadir dalam acara penyerahan beasiswa itu, sampaikan terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada PT SBA. Harapan pemerintah, perusahaan ini terus berkolaborasi dengan dalam memajukan pendidikan di daerah ini.

Dukungan yang diberikan PT SBA tersebut bagi warga di Lhoknga dan Leupung, diharapkan dapat memberikan semangat dan motivasi bagi para pelajar dan mahasiswa untuk terus menggapai pendidikan setinggi mungkin. “Atas nama Pemerintah Aceh Besar, kami sampaikan terimakasih atas dukungannya,” kata Pj Muhamamd Iswanto.

Editor : Hendro Saky

Shares: