News

Bekas topi Napoleon Bonaparte laku terjual Rp32,5 miliar

Bekas topi Napoleon Bonaparte laku terjual Rp32,5 miliar
Pejabat dari rumah lelang Osenat mengangkat pelindung kaca dari topi hitam lebar khas yang dikenakan Napoléon Bonaparte ketika ia memerintah Prancis pada abad ke-19 di rumah lelang Osenat di Fontainebleau, selatan Paris, Jumat, 17 November 2023. (AP / AP)

POPULARITAS.COM – Bekas topi mantan Kaisar Prancis Napoleon Bonaparte, laku terjual Rp32,5 miliar atau setara US$2,11 juta.

Pelalangan topi jenis bicorne yang diyakini pernah dipakai dan milik Napoleon Bonaparte itu, dilangsungkan di rumah lelang Drouot di Paris, Minggu (19/11/2023).

Dikutip dari beritasatu.com– jaringan popularitas.com, Senin (20/11/2023), Seorang pejabat di rumah lelang mengungkapkan, awalnya diperkirakan topi milik mantan Kaisar Prancis itu bakal terjual di kisaran harga US$ 2,06 juta, seperti harga yang dibayarkan untuk topi Napoleon lainnya di Drouot pada 2014 lalu.

Menjelang pelelangan, juru lelang Jean-Pierre Osenat mengatakan kepada Reuters bahwa topi berang-berang hitam dalam bentuk bicorne tradisional adalah ciri Napoleon, yang sepanjang hidupnya diketahui memiliki sekitar 120 topi serupa.

“Topi adalah bagian dari citra yang dia bangun, karena Napoleon adalah orang yang suka berkomunikasi,” kata Osenat.

Ia menambahkan, Napoleon Bonaparte selalu memakai topi dengan sudut sejajar dengan bahunya, sementara kebanyakan orang pada saat itu memakainya dengan sudut depan.

Topi-topi yang diyakini milik Napoleon sering muncul di lelang. Pada Oktober 2021, topi yang baru ditemukan dengan hasil DNA yang membuktikan bahwa itu milik Napoleon dilelang oleh Bonhams di London.

Editor : Hendro Saky

Shares: