HeadlineNews

Belum Ada Jamaah Umrah dari Aceh yang Berangkat

Arab Saudi buka ibadah umrah bagi Indonesia 
Ilustrasi. Tribunnews

– Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Aceh menyatakan hingga saat ini belum ada jamaah umrah dari Tanah Rencong yang berangkat ke Tanah Suci, meski pemerintah Arab Saudi sudah mengizinkan kembali pelaksanaan umrah.

Kepala Kanwil Kemenag Aceh, Iqbal menuturkan, hal itu disebabkan karena adanya pembatasan jumlah jamaah umrah di masa pandemi dan penerapan protokol kesehatan di Tanah Suci.

“Harapan kita semoga wabah ini segera hilang dan pemberangkatan jamaah serta biaya keberangkatan dapat disesuaikan dengan biaya di masa normal,” ujar Iqbal dalam keterangannya saat dikonfirmasi popularitas.com, Selasa (17/11/2020).

Dalam kesempatan itu, Iqbal juga menyebutkan, biaya perjalanan umrah pada masa pandemi Covid-19 mengacu pada Keputusan Menteri Agama 719 tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perjalanan Ibadah Umrah pada masa Pandemi Covid-19.

Kata Iqbal, berdasarkan KMA 719, biaya penyelenggaraan ibadah umrah di masa Covid-19 mengikuti biaya referensi yang telah ditetapkan oleh Menteri Agama. Secara nasional, biaya minimal perjalanan umrah di Indonesia sebesar Rp 20 juta.

Namun, lanjut Iqbal, biaya itu dapat ditambah dengan biaya lainnya berupa pemeriksaan kesehatan sesuai protokol Covid-19, biaya karantina, serta pelayanan lainnya akibat terjadinya pandemi Covid-19.

“Terkait biaya tambahan ini diatur juga dalam KMA 719. Ini juga kita harap dimaklumi oleh jamaah karena kondisi yang saat ini sedang dalam wabah,” pungkas dia. []

Editor: Acal

Shares: