News

Berikut prakiraan cuaca BMKG hari ini

ibit siklon tropis, Banda Aceh berpotensi cerah berawan
Ilustrasi, cuaca cerah berawan. FOTO : Foto: Muhammad Fadhil/popularitas.com

POPULARITAS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca berawan menyelimuti sebagian besar wilayah ibu kota provinsi pada Sabtu (19/8/2023) siang.

Dikutip dari situs BMKG di Jakarta, ibu kota provinsi yang diprakirakan berawan yakni Denpasar, Bengkulu, Yogyakarta, Jakarta Pusat, Palangka Raya, Ambon, Mataram, Kota Jayapura, Mamuju, Manado, Palembang, dan Medan.

Sementara, wilayah Serang, Gorontalo, Bandung, Semarang, Pontianak, Banjarmasin, Samarinda, Tarakan, Pangkal Pinang, Kupang, Pekanbaru, dan Makassar diprakirakan cerah berawan pada siang hari ini.

Sedangkan Banda Aceh, Surabaya, dan Kendari berpotensi cerah.

BMKG juga memprakirakan beberapa wilayah berpotensi mengalami hujan ringan pada siang hari, di antaranya Tanjung Pinang, Bandar Lampung, Ternate, dan Manokwari.

Masyarakat di wilayah Jambi dan Padang diminta untuk waspada hujan petir yang berpotensi terjadi siang hari ini, sedangkan Medan pada malam nanti.

Memasuki musim kering, BMKG mengingatkan masyarakat di Banjarmasin agar waspada potensi asap di pagi hari ini dan kemungkinan akan terjadi kembali pada dini hari esok.

BMKG juga memberikan peringatan dini dan meminta masyarakat di Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Tengah untuk waspada peningkatan suhu udara dan penurunan kelembaban udara, yang dapat memicu potensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Untuk itu BMKG memperingatkan kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran lahan untuk tujuan apapun.

Shares: