News

Berikut prakiraan cuaca di kota besar hari ini

ibit siklon tropis, Banda Aceh berpotensi cerah berawan
Ilustrasi, cuaca cerah berawan. FOTO : Foto: Muhammad Fadhil/popularitas.com

POPULARITAS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan mayoritas kondisi cuaca di kota-kota besar di Indonesia cerah berawan pada Jumat (8/9/2023).

Dikutip dari laman Antara, cuaca di Kota Banda Aceh, Denpasar, Bengkulu, Yogyakarta, Jakarta Pusat, Gorontalo, Semarang, Surabaya, Pontianak, Banjarmasin, Tarakan, Bandar Lampung, Mataram, Kupang, Pekanbaru, Makassar, Kendari, dan Medan diprakirakan cerah berawan pada siang hari.

Sementara wilayah Serang, Jambi, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Manokwari, Manado, dan Padang diprediksi turun hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada siang hari.

Adapun wilayah Bandung, Palangka Raya, Samarinda, Ambon, Ternate, Jayapura, Mamuju, dan Palembang berawan.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan Indonesia masih dalam musim kemarau dengan puncak diprakirakan terjadi pertengahan pada Agustus hingga September 2023.

Semasa cuaca panas dan kering, peluang terjadi kebakaran hutan dan lahan meningkat sehingga BMKG mengimbau beberapa daerah untuk mewaspadai terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) ini.

“Nanti setelah masuk Oktober mulai berkurang, berkurang tapi masih kering. Nah diprediksi hujan ini November,” kata Dwikorita.

BMKG telah menyampaikan peringatan dini mengenai potensi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Nusa Tenggara Timur.

Shares: